Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Tinggi

Mellin Septiyani, Sultan Djasmi, Erni Mustakim

Abstract


Problems in this research are dealing withthe low learning achievement and lack of discipline attitude of fourth grade students in SD Negeri 1 Metro Utara. The purpose of this study is to determine the correlation between learning discipline with the social science subject learning achievement of fourthgrade students in SDNegeri 1 Metro Utara. The Research method which is used in this study is correlational research. The population in this study is all fourthgrade studentsof SD Negeri 1 Metro Utarain Academic Year 2016/2017 with total 59 students as overall number of the sample. The independent variables in this study are the discipline of learning (as X), while the dependent variable islearning achievement (as Y). The data analysis technique is using product moment. The result of research indicates that there is positive relationship between the learning discipline and the learning achievement.

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa yang rendah dan kurangnya sikap disiplin pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitin korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara Tahun Ajaran 2016/2017 dengn jumlah 59 siswa yang sekaligus menjadi sampel keseluruhan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah disiplin belajar (X) sedangkan variabel terikat dalah prestasi beljar (Y). Teknik analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar.

Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar dan IPS


References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Depdiknas. 2015. UU Sistem Pendidikan (UU RI No. 20 Tahun 2003). Sinar Grafika: Bandung.

Djamara. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sapriya. 2014. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: LapIPS UPI Bandung.

Slameto. 2015. Belajardan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.