Pengembangan Asesmen Kinerja Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi

Siti Sofiawati, Rochmiyati Rochmiyati, Een Yayah Haenilah

Abstract

This research aims to produce a performance assessment instrument of students of class IV a valid and reliable. The method used research and development that refers to the stages of Borg and Gall. The population is fourth graders of elementary school who have applied Curriculum 2013 in Cluster Melati Adiluwih Sub-district of Pringsewu Regency, which amounts to 131 students, research sample has 34 fourth graders of SD Negeri 9 Bandungbaru randomly selected. Data collection tools used the interview guide, questionnaires, observation sheets and documents. The data analysis used descriptive qualitative data and quantitative descriptive. The results of this study indicate the content validity level of the assessment developed in the "very good" category and the reliability test result gets 0.67, has the 'good' reliability criterion. The performance assessment instrument was good and resonable to be used in measuring and assessing the students' performance in both the process and product aspects of the fourth grade of elementary school.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan instrumen asesmen kinerja siswa kelas IV yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada tahapan-tahapan Borg and Gall. Populasi siswa kelas IV SD yang menerapkan Kurikulum 2013 di Gugus Melati Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu yang berjumlah 131 siswa, sampel penelitian 34 siswa kelas IV SD Negeri 9 Bandungbaru dipilih secara random. Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, angket, lembar observasi dan dokumen. Analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan uji validitas isi asesmen yang dikembangkan pada kategori sangat baik dan hasil uji reliabilitas mendapat 0.67, mempunyai kriteria reliabilitas baik. instrumen asesmen kinerja ini baik dan layak digunakan dalam mengukur dan menilai kinerja siswa baik aspek proses maupun produk pada kelas IV SD.

Kata kunci: asesmen kinerja, pembelajaran tema selalu berhemat energi

Full Text:

PDF

References

Akbar, Sakdun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung. PT Remaja Rosda Karya.

Borg, W. R. & Gall, M. D. 1983. Educational Research: an Introduction (4thed). New York & London. Longman Inc.

Basuki, Ismet. Haryanto. 2014. Asesmen Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Harsiati, Titik, 2011. Penilaian Dalam Pembelajaran (Aplikasi pada Pembelajaran Membaca dan Menulis). Malang Universitas Negeri Malang.

Haenilah, E.Y. 2017. Efektivitas Desain Pembelajaran Terpadu Berbasis Core Content Di Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Dasar.Vol 26.No 1.

Indiana, Dudi. 2010. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Siswa Pada Pembelajaran Kimia Kompetensi Dasar Asam Basa. (Tesis pada Sekolah Menengah Atas Negeri I Kedondong Tahun Pelajaran 2009-2010). Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilain Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Krikulum 2013). Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Kurniawaty. 2017. Pengembangan Instrumen Berbasis Kinerja pada Pembelajaran Tematik SD. Jurnal Pedagogi. Vol 6. No 3.

Maryanti, Endah Febriana. 2015. Instrumen Penilaian Otentik PETASAN GALAU pada Mata Pelajaran Kewira Usahaan. Jurnal Study Sosial UNILA. Vol.2 No. 4 Hal 24

Permendikbud No.23 Tahun 2016: Standar Penilaian Pendidikan.

Popham, W.J. 1995. Education Evaluation.Engglewood Cliffs N.J. : Prentice-hall____. 1978. Criteria Referenced Measurement, Englewood, Cliffs, N.J: Prentice-p://web.ku.edu.

Putri, Suwandi F & Istiyono, Edi.2017. The Development of Performance Assessment of Stem-Based Critical Thinking Skill in the High School Physics Lessons. International Journal Of Environmental And Science Education. .12.(5) pp. 1269-1281.

Pratiwi, Hanifah Ratih. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Siswa SMA (Performance Asesmen) Pada Pembelajaran Titrasi Asam Basa Dengan Metode Praktikum. Jurnal Pengajaran MIPA. Volume 21. No 1. Hal 35-41.

Ratnami, Made V. 2016. Assesmen kinerja dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Banyuning Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Pendidikan Ganesha.

Retnowati, Tri Hartini. 2009. Pengembangan Instrumen Penilaian Karya Seni Lukis Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol.12. No 1. Hal 130-149.

Stiggin, R.J. 1994. Student-Centered Classroom Assessment. New York. Mac Millan College Publishing Company.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta. Graha Ilmu

Subroto, Tisno Hadi dan Herawati, Ida Siti. 2007. Pembelajaran Terpadu, Jakarata. Universitas Terbuka.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, strategi, dan Implimentasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta. Bumi Aksara.

Usman, Herman. 2014. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Praktikum Fisika Pada Peserta Didik SMP UNISMUH Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. Jilid 10. Nomor 3. Hal 274-284.

Widhiarso,W.2006.Mengestimasi Reliabilitas. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.