Hubungan Antara Motivasi Orang Tua Dan Aktivitas Belajar Ips Siswa Kelas IV

Wike Damayanti, Loliyana Loliyana, Nazaruddin Wahab

Abstract


This research is motivated by the low activity of learning and student learning result and motivation of the parents who are known from the observation result. The purpose of this study was to determine the relationship between parental motivation and learning activities with learning result of grade IV Public Elementary School 1 Gotong Royong. This research is the study population, collecting data using questionnaires to parents of motivational and learning activities, and the value of the UTS for learning result data. Data were analyzed using Product Moment correlation formula. Result showed that there is a positive relationship between parental motivation and learning activities with learning result of students with a correlation coefficient of 0,432 and F value 15,554.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa serta motivasi orang tua yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi orang tua dan aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Gotong Royong tahun Penelitian ini adalah penelitian populasi, pengumpulan data menggunakan angket untuk motivasi orang tua dan aktivitas belajar, dan nilai hasil UTS untuk data hasil belajar. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi orang tua dan aktivitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,432 dan Fhitung sebesar 15,554.

Kata kunci: motivasi orang tua, aktivitas belajar, hasil belajar.


References


Anonim. 2010. Format penulisan karya ilmiah universitas lampung

A.M, Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta.Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiftil Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak dalam Keluarga. Jakarta. Rineka Cipta.

Isjoni. 2007. Cooperative learning efektifitas pembelajaran kelompok. Pekanbaru. Alfabeta

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Jakarta Prestasi Pustakaraya.

Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. PT Remaja Bandung Rosdakarya..

Rohman, Arif 2013. Memahamillmu Pendidikan. CV.Aswaja Yogyakarta Pressindo.

Maharani, Winda. 2011. Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Integrated Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V A SD Negeri I Metro Timur Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Universitas Lampung.

Musfiqon. 2012. Metodologi penelitian pendidikan. PT. Jakarta. pustakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.