Hubungan Disiplin Belajar Menggunakan Model Numbered Head Together Dengan Prestasi Belajar Matematika

Acep Setiawan, M. Thoha B.S. Jaya, Fitria Akhyar

Abstract


The problems in this study is the achievement of learning mathematics and discipline of learning is still low. The purpose of this research is to know the correlation between learning discipline using NHT learning achievement in fourth grade IV of Elementary School 2 Kupang Kota Bandar Lampung Academic year 2016/2017. Population in this study were all students of class IV which amounted to 31 students, this study is a population study. Research method using quantitative method, with kind of correlation shows that There is a positive correlation between learning discipline using NHT learning model with mathematics learning achievement.

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika dan disiplin belajar masih rendah.Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajarmenggunakan model pembelajaran NHT dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kupang Kota Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa, penelitian ini merupakan studi populasi.Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi.Hasil analisis data menggunakan korelasi serial menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan erat antara disiplin belajar menggunakan model pembelajaran NHT dengan prestasi belajar matematika.

Kata kunci: disiplin belajar, numbered head together, dan prestasi belajar matematika.


References


Ahmadi, Abu dan Widodo, Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Asy Masudi. 2000. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yogyakarta. PT. Tiga Serangkai.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya. Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta. Kencana.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.