Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 34 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpul data menggunakan angket dan tes kognitif. Analisis data uji statistik independent sample t-test. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: problem based learning, hasil belajar, matematika.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Evi Tri Wulandari. 2013. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus III Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta. UNY.
Fathurrohman & Wuri Wuryandani. 2011. Model-model` Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bantul. Nuha Litera.
Muhammad Abdul Haris .2013. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Blondo 1 Magelang. Yogyakarta: UNY.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Seluk, Gamze Sezgin. 2010. Theeffects of problem-based learning on pre-service teachers achievement, approaches and attitudes towards learning physics. Buca, Izmir, Turkey.Department of Secondary Science and Mathematics Education, Dokuz Eylul University, 35160.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.