Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika

Dutta Darma Setiadi, Nelly Astuti, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract


The problem in this research is the low of mathematics learning result of grade V student of SD Negeri 5 Metro Pusat. The purpose of this research was to know the influence of problem based learning model to the result of V class student mathematics. The type of the research was experiment research. The design used in this research was quasi experimental design. The population mathematic the number was 34 students. The determination of research sample used saturated sample. Data collection tools used questionnaires and cognitive tests. The data analysis was used independent sample t-test. The learning results of this research was limited only to the cognitive domain. The result showed that there was a significant and positive influence on the application of problem based learning model to the students' mathematics learning outcomes.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 34 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpul data menggunakan angket dan tes kognitif. Analisis data uji statistik independent sample t-test. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: problem based learning, hasil belajar, matematika.

References


Evi Tri Wulandari. 2013. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Terhadap Kemandirian Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus III Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Yogyakarta. UNY.

Fathurrohman & Wuri Wuryandani. 2011. Model-model` Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bantul. Nuha Litera.

Muhammad Abdul Haris .2013. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Blondo 1 Magelang. Yogyakarta: UNY.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Seluk, Gamze Sezgin. 2010. Theeffects of problem-based learning on pre-service teachers achievement, approaches and attitudes towards learning physics. Buca, Izmir, Turkey.Department of Secondary Science and Mathematics Education, Dokuz Eylul University, 35160.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.