Hubungan Motivasi Ekstrinsik Orang Tua Dengan Prestasi Belajar

Ratna Permata Sari, Sulton Djasmi, Riyanto M. Taruna

Abstract


The main problem in this research is the students learning achievement considered still low. The research purpose is to obtain the relationship between parents extrinsic motivation against learning achievement of the students. Type of the research is descriptive quantitative. Population of the research is all student grade IV of elementary school SD Negeri 1 Kota Baru with 42 students as the research population. Independent Variable in this study is extrinsic motivation of parents (X) while dependent variable is the students learning achievement (Y). The data collection technique is using questionnaire and documentation. Result of data analysis technique uses correlation formula product moment obtaining r calculation= 0,979 which means the correlation is positive. While, is bigger than or 104,40 > 2,021 resulting, H0 rejected and Ha which described as there is a positive relationship between extrinsic motivation of the parents against the students learning achievement be accepted.

Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi ekstrinsik dari orang tua dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Kota Baru sebanyak 42 siswa yang merupakan penelitian populasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi ekstrinsik dari orang tua (X) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil dari teknik analisis data yang menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh r hitung= 0,979 yang berarti korelasi tersebut positif. Selain itu, lebih besar dari atau 104,40 > 2,021 sehingga, H0 ditolak dan Ha yang berbunyi ada hubungan yang positif antara motivasi ekstrinsik dari orang tua dengan prestasi belajar siswa diterima.

Kata kunci: motivasi ekstrinsik, orang tua, prestasi.


References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Musfiqon, H.M. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. PT Prestasi Pustakaraya.

Purwanto, Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Grafindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta. Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.