Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Role Playing terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD
Abstract
The purpose of this research was to determine the effect of cooperative learning model type role playing to social study result. This research was an experiment research. The research used non-equivalent control group design. The population of this research was all students class V of 51 students. The sample of research was 51 respondents. The data collection technique used multiple choice test technique. The data was analyzed by tests statistic t-test pooled varians thats begins of normality test and homogenity test. The result of research showed that there were significant effect of cooperative learning model tipe role playing to social study result with tcount 2,11 > ttable 2,00 (with ? = 0,05).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe role playing terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 51 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 51 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk soal pilihan jamak. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe role playing terhadap hasil belajar IPS siswa dengan thitung 2,11 > ttabel 2,00 (dengan ? = 0,05).
Kata kunci: hasil belajar, IPS, model cooperative learning tipe role playing.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pusat Pelajar.
Kemendikbud. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Diakses melalui URL: www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan. Diakses pada Rabu, 8 Februari 2017, pukul 13.00 WIB.
Khaerani, Cahya. 2010. Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Tangerang pada Konsep Gerak pada Tumbuhan. Jakarta. (Skripsi diterbitkan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (diunduh pada Senin 28 November 2016 Pukul 21:28 WIB).
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung. Refika Aditama.
Kurniasih, Imas & Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta. Prenamedia.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya. Bumi Aksara.
Utari, Dewi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 6 Metro Barat Tahun Pelajaran 2015/2016.
UU RI No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasiona. Jakarta. Sinar Grafika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.