Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make A Match

Sahdi Saputra, Asmaul Khair, Siswantoro Siswantoro

Abstract

The aim of this research was to improve the activities and learning outcomes of IPS cooperative learning model with make a match type in fourth grade students B SDN 10 Metro Pusat. This research use classroom action research and the subject was fourth grade student of class IVB. The data collection is done by observation and test, using observation sheets and test questions. The collected data were analyzed by qualitative and kuanitative data analysis. Research result show that implementation of cooperative learning model with make a match type can increase activity and study result of student.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas IVB SDN 10 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah PTK dan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes, menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: cooperative learning tipe make a match, aktivitas, hasil belajar

References

Abdul, Azis Wahab. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung. Alfabeta.

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB & TK. Bandung. YramaWidya.

Artini, Luh Meli. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Budaya Lokal Bali untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N 2 Cempaga pada Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Bali. Universitas Pendidikan Ganesha. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Volume 2 No 1. Halaman 1-10

Cakyamuni, Putu Ayu. 2016. Penerapan Model Cooperative Tipe Make A Match untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bali Sadhar Utara Tahun Ajaran 2015/2026. Bandar Lampung. Universitas Lampung

Febriana, Ayu. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang. Semarang. UNNESA. KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar. Volume 1 No 2. Halaman 151-160

Hamzah B. Uno & Nurdin Muhammad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta. PT. Bumi Aksara. .

Hidayat, Rachmad. 2014. The Implementation Of Make A Match Methods To Increase The Students Achievement in Learning IPS Terpadu at Class VIII-C SMP Negeri 1 Beji Pasuruan. Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Kunandar. 2010. Langkah Mudah Peneliian Tindakan Kelas. Jakarta. Malta Pritindo

Maonde, Faad. 2015. The Discrepancy of Students Mathematic Achievement through Cooperative Learning Model, and the ability in mastering Languages and Science. Kendari. Universitas Halu Oleo. International Journal of Education and Research. Volume 3 No 1. Halaman 141-155.

Qurrota, Sophia Rachma. 2016. Peningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS dengan Model Make A Match di Kelas IVA SDN Demakijo 1. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 20 Tahun Ke-5. Halaman 1-8

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Bandung. Raja Grafindo.

Sunhaji. 2016. Implementation Of Cooperative Learning Strategy In Forming The Student About Thinking Skill Of The Whole Of State Islamic Senior High Schools In Purwokerto City Indonesia. Purwokerto. IAIN Purwokwerto. International Journal of Education and Research. Volume 4 No 10. Halaman 131-142

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. PT. Fajar Interpratama.

Winaranti, Yeni. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe CO OP-CO OP untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V A SD Negeri 04 Metro Utara Tahun Pelajaran 2011/2012. Bandar lampung. Universitas Lampung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.