Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Gaya Magnet

Semi Amsiah, Chandra Ertikanto, Nurlaksana Eko Rusminto

Abstract

This study aimed to produce a product in the formof inquiry-based IPA learning module on the magnetic material that is interesting, easy to use, and effective. The type of research used was Research and Development (R&D). The population was a grade V students of SDN I Sidodadi. Sample was 40 people. Data collection techniques used observation and questionnaires. The results showed that the inquiry-based IPA learning module material is proper to be used based on material test and design expert soit car be interesting , easy to use, and effective as media learning based on normalized gain calculation, equal to 0,67 with medium category.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi gaya magnet yang menarik, mudah digunakan, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sidodadi. Sampel sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi gaya magnet layak digunakan berdasarkan uji ahli materi dan desain, serta menarik dan mudah digunakan, serta efektif sebagai media pembelajaran berdasarkan perhitungan gain ternormalisasi, sebesar 0,67 dengan kategori sedang.

Kata kunci: bahan ajar, modul, gaya magnet.

Full Text:

PDF

References

Arum, Wibowo 2013Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Time Token Arends Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SDN Kandri 01 Kota Semarang Jurnal pendidikan Indonesia. (JPII) No.5 VolIX Hal 41-52. Diperoleh dari http://digilib.unnes.ac.id/17516/. Diakses 15 Maret 2017.

Buck, and Gayle A. 2007. Learning How Make inquiry into Science Discernible to Middle Level Teachers. Journal for Science Teacher Education.for the scholarship of teaching and learning.Vol.5 No.1 Hal 1-11. Diperoleh dari www.springer.com/ Science Education Diakses 15 November 2016.

Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gulo.2008. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo.

Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Mudyahardjo, 2008Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan mengajar. Jakarta: Bumi aksara.

NRC. 2000 . Inquiry and The National Science Education Standarts.A Guide for Teaching ang Learning. Washington DC: National Academic Press.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovasi: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.