Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Terpadu

Miftahul Nuranisa, Rochmiyati Rochmiyati, Cut Rohani

Abstract


Problem in this research was the low learning outcomes students on integrated learning. This research was aimed to determine the effect of using contextual learning toward student learning outcomes. The method this research was quasi experiment method with research design nonequivalent control group design. This research used purposive sampling. Instrument that used are non-test and test. Data were analyzed using independent sample t test. The result showed there are significant effect of use contextual learning toward student learning outcomes on integrated learning class IV SD Negeri 1 Sukarame Bandar Lampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini non-tes dan tes. Data analisis menggunakan independent sample t test. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penggunaan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu kelas IV SD Negeri 1 Sukarame Bandar Lampung.

Kata kunci: hasil belajar, kontekstual, pembelajaran terpadu


References


BSNP. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang: Sistem Pendidikan Nasional. Online (https://books.google.co.id Diakses 20 November 2016.)

Permendikbud. 2013. Undang-Undang Nomor. 67 Tahun 2013 Tentang: Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD-MI. Online (http://direktori.madrasah.kemenag.go.id/media/files/Permendikbud67TH2013.pdf. diakses 20 November 2016.)

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2008. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.