Pengembangan LKPD Berbasis Proyek pada Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Kota Metro

Danang Zulkurnia, Sowiyah Sowiyah, M. Thoha B.S Jaya

Abstract

This research and development aimed to produce LKPD and know the effectiveness of LKPD project based on science lesson material with subtheme 1 Human and Environment. Research method used Research and Develompment with data collection techniques are interviews, tests and questionnaires. The population in this study was students of class V SD Muhammadiyah as much as 212. The results of LKPD research project-based learning materials of Science with subtheme 1, Human and Environment is paper to be used in accordance with the material and design experts. So that learners' learning outcomes on product trials increases. The result of t test analysis is bigger than t table so that learning using LKPD is effective.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD dan mengetahui efektifitas LKPD berbasis proyek materi pembelajaran IPA Subtema 1 Manusia dan Lingkungan. Metode penelitian menggunakan Research and Develompment dengan teknik pengumpulan data wawancara, tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Muhammadiyah sebanyak 212. Hasil penelitian LKPD berbasis proyek materi pembelajaran IPA Subtema 1 Manusia dan Lingkungan layak digunakan sesuai dengan ahli materi dan desain. Sehingga hasil belajar peserta didik pada uji coba produk meningkat. Hasil analisis uji t hitung lebih besar dari t tabel sehingga pembelajaran dengan menggunakan LKPD dinyatakan efektif.

Kata kunci : pengembangan, pembelajaran IPA, lembar kegiatan peserta didik berbasis proyek

Full Text:

PDF

References

Aqib, Zaenal. 2013. Model-Model,media dan startegi pembelajaran konstektual (inovatif). Bandung: Rama Widya.

Arsyad, Azhar. 2003, Media Pembelajaran, Jakarta: PT,Raja Grafindo Persada, hlm.23.

Benny A. Pribadi. 2009.Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat, 35.

Cruickshank, D.R., Jenkins, D.B., & Metcalf, K.K (2006). The act of teaching, 4th Edition, NY: Mc Graw Hill.

Depdiknas. 2006. Sosialisasi KTSP. Jakarta. Ditjen PMPTK, Depdiknas Haryoko, Sapto. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. JurnalEdukasi Volume 5 No. 1 (1-10). P;

Kurniawan. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Terkait Sains Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha Volume 2 No. 1 (5-11).

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013, Implementasi Kurikulum, Lampiran IV. Pedoman Umum Pembelajaran.: Jakarta.

Purworini, S. 2006. Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Upaya Mengembangkan Habit of Mind Studi Kasus di SMP Nasional Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif Volume 1 No. 2 (17-18).

Santi, Triana. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Pemahaman Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Progressif Volume 7 No. 21 (74-83).

Waras, Kamdi. 2008. PBL: Belajar dan Pembelajaran dalam Konteks Kerja. Jurnal Gentengkali Volume 3 No. 3 (11-15).

Widiyatmoko. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Volume 1 No 1 (51-56).

Yance, R. 2013. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education Volume 1 (48-54).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.