Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Kreatif dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Pendekatan PBL
Abstract
The purpose of this research was to develop an instrument of students' creative skill assessment with project based learnig approach. The method used research and development. Data collection techniques used tests and questionnaires. The population of research was all teachers and students of class III SD Negeri Gedongtataan Subdistrict. The sample of the study amounted to 88 students. The results of the study were (1) the creative skills assessment instrument with the project based learning approach, (2) the creative skills assessment instrument developed valid for measuring students 'creative skills, (3) instruments developed practically to measure students' creative skills and (4) creative skills of students who use creative skills assessment instruments through project-based learning approaches with those who do not use creative skills assessment instruments.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian keterampilan kreatif siswa dengan pendekatan project based learninig. Metode yang digunakan research and development. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Populasi penelitian adalah seluruh guru dan siswa kelas III SD Negeri Kecamatan Gedongtataan. Sampel penelitian berjumlah 88 orang siswa. Hasil penelitian adalah (1) instrumen penilaian keterampilan kreatif dengan pendekatan project based learning, (2) instrumen penilaian keterampilan kreatif yang dikembangkan valid untuk mengukur keterampilan kreatif siswa, (3) instrumen yang dikembangkan praktis untuk mengukur keterampilan kreatif siswa dan (4) ada perbedaan keterampilan kreatif siswa yang menggunakan instrumen penilaian keterampilan kreatif melalui pendekatan project based learning dengan yang tidak menggunakan instrumen penilaian keterampilan kreatif.
Kata kunci: keterampilan kreatif, instrumen penilaian, project based learning
Full Text:
PDFReferences
Anggreadi, Komang Yudi. 2015. Penerapan Project Based Learning dengan Asesmen Autentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha. Volume: 4, Nomor 01, hal. 74 84.
Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fatmawati, Baiq. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 16, Nomor 2, hal. 85 92.
Gulbahar dan Tinmaz. 2006. Implementing Project-Based Learning and E-Portofolio Assessment in an Undergraduate Course. International Journal of Instruction. Volume 38 Nomor 3, hal. 309 316.
Hassoubah, Z. I. 2004. Develoving Creative & Critical Thinking Skills (Cara Berpikir Kreatif dan Kritis). Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalla Indonesia.
Jagantara, I Made Wirasana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta didik SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4 Nomor 1, hal, 110 12.
Kemendikbud.2013. Panduan Teknis Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Lissa. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Sistem Respirasi dan Ekskresi. Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Volume 41 Nomor 1, hal. 27 32.
Marwiyah, Siti. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Materi Atom, Ion, dan Molekul SMP Islam Al Falah. Jurnal Edu-Sains Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jambi. Volume 04 Nomor 01, hal. 26 31.
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Peraturan Pemerintah RI. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Pemerintah RI.
Permendikbud. 2013.b. Permendikbud Nomor 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.
Permendikbud. 2016.a. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Permendikbud. 2016.c. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Pramukantoro, Mukh. Farid. 2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-Dasar Teknik Digital Di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Volume 02 Nomor 02, hal. 737 743.
Rohana, Rena Surya. 2016. Penerapan Model Project Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia. Volume 1, Nomor 12, hal. 151 159.
Rudi dan Joko. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahapeserta didik Pada Mata Kuliah Pemeliharaan dan Perbaikan Motor Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Volume 03 Nomor 04, hal. 783 788.
Sastrika, Ida Ayu Kade. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3, hal. 40 55.
Subali, Bambang. 2012. Prinsip Asesmen & Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukandi, Ujang. 2001. Belajar Aktif dan Terpadu. Surabaya. Duta Graha Pustaka.
Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media.
Wajdi, Fathullah. 2017. Implementasi Project Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Volume 17. Nomor 1, hal. 81-97.
Refbacks
- There are currently no refbacks.