Pengembangan LKS Berbasis Discovery Learning

Eka Destina, M. Thoha BS. Jaya, chandra Ertikanto

Abstract

The aim of this research were to produce an attractive, easy, and a helpful thematical students worksheet based on discovery learning in 4th grade elementary school than can improve the students learning outcome. The method that be used in this research is a Borg and Galls development method. This research uses a product assessment questionnaire, teacher responses questionnaire, and test. This study conclude that developed students worksheet can give an attractiveness, easiness, and helpfully improving the studentss learning outcome.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKS Tematik berbasis Discovery Learning di kelas IV SD, mewujudkan produk LKS berbasis Discovery Learning yang menarik, mudah digunakan dan bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran tematik, menghasilkan produk LKS berbasis Discovery Learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket penilaian produk, angket respon guru dan soal tes belajar siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah LKS yang dikembangkan mampu memberikan kemenarikan, kemudahan dan kebermafaatan untuk meningkatkan ketercapaian hasil belajar siswa.

Kata Kunci: discovery learning, lembar kegiatan, siswa dan tematik


Full Text:

PDF

References

Asep H. Hermawan. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bruner. 1966. Toward a Theory of Instukction . Cambridge: Harvard University.

Ertikanto, C. 2014. Kemampuan Sciencetific Inquiry Guru Sekolah Dasar Dalam Perkuliahan Pembelajaran IPA-SD. Jurnal Pendidikan MIPA. Volume 15. No. 1. Hal 64-70.

Ertikanto, C.2015. Keefektifan Pengetahuan Inquiri Guru Sekolah Dasar Kota Bandar Lampung dalam Pembelajaran SAINS.http://jurnal.fkip.uns.ac.id.index.php.psdsains.article.view.7968. Diakses 6 Agustus 2017.

Ertikanto, C. 2017. Development and Evaluation of a Model-Supported Scientific Inquiry Training Program for Elementary Teachers in Indonesia. International Journal of Instruction. Volume 10. No 3. Hal 93-108.

Depdiknas. 2008. Pengembangan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas

.2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balidbang Depdiknas.

Fogarty. 1983. Disiplin Ilmu. London: Applied Sciences Publishing.

Lee, C. D. 2014. Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes Lack Of Readinnes, And Science Achievement: A Cross-Country Comparison. International Journal of Education in Mathematics, Science and Tecnology. Volume 2. No.2. 97-105.

Maria, Budi Koestoro, Sugeng Sutiarso. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Belajar Mandiri Kelas V di SD Negeri Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu.http://www.e-jurnal.com/2016/05/pengembangan-lembar-kerja-siswa.html. diakses 3 Juni 2017)

Mariamah & Nanang Diana. 2015. Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Teori Bilangan Pada Mahasiswa Semester III Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Taman Siswa Bimatahun Akademik 2014/2015. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 5. No. 2. Hal 1-12.

Rozie Fachrur. 2013. Pengembangan Media Video Pembelajaran Daur Air untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains, Vol 1, No. 4. Hal 413-424.

Rusman. 2015. Pemebelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Peneilaian. Jakarta: Rajawali Pres.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhariyanto, Caswita, Lilik Sabdaningtyas. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Matematika Kelas VII SMPN 4 Tulang Bawang Tengah.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi konstrutivitis. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yildirim, N. 2011. The Effect Of The Worksheets On Students Lack Of Readiness, And Science Achievement: A Cross-Country Comparison. Journal of International. Volume 2. No.2. 97-105.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.