Pengembangan LKS Berbasis PBL dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III MI

Erlia Erlia, M. Thoha BS. Jaya, Lilik Sabdaningtyas

Abstract


The purpose of the research was to produce LKS that effectively improve student learning outcomes. The method used was research and development. The research population was 755 students of grade III in MIN City Bandar Lampung with sampling used multistage random sampling, so that the research sample was 62 students. Technique of collecting data were test and questionnaire. The Technique of data analisysis were qulitative and quantitative. The result of the research was LKS based on problem based learning effectively improve student learning result of Civics.

Tujuan penelitian adalah menghasilkan LKS yang efektif meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Metode yang digunakan adalah research and development. Populasi penelitian sebanyak 755 siswa kelas III di MIN Kota Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling, sehingga sampel penelitian sebanyak 62 orang siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan angket. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah LKS berbasis problem based learning efektif meningkatkan hasil belajar PKn siswa.

Kata Kunci: LKS, Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa




Full Text:

PDF

References


Amir. M.Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajaran di Era Pengetahuan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Anwar, Khairul. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran IPA Materi Pokok Zat dan Wujudnya di Kelas IV SD Negeri 064977 Bhayangkara T.P. 2013/2014. Jurnal PGSD Universitas Negeri Medan. Volume 02 Nomor 01, hal. 164 181

Depdiknas. 2008. Pedoman Penyusunan LKS SD/MI. Jakarta. Depdiknas.

Ebtasari, Dyahna. 2016. Pengembangan Student Worksheet Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel di SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya. Volume 05 Nomor 03, hal. 925 932.

Husniati, Afrida. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) disertai Diagram Pohon Pada Materi Fotosintesis Kelas VIII SMP Negeri 1 Sawoo. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2016_ ISBN: 978?602?0951?11?9. Universitas Negeri Surabaya, hal. 453 460.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Masrani. 2017. Pengembangan LKS IPA Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Pernafasan Kelas VIII SMP N 6 Tambusai. Jurnal Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian. Volume 01 Nomor 01, hal. 1 6.

Nugroho, Nanang Budi. 2014. Pengembangan RPP dan LKS Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Himpunan Untuk Siswa SMP Kelas VII. Tesis. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhadi, Burhan Yasin, Agus Gerrad Senduk. 2004. Pendekatan Kontekstual. Surabaya. Publisher.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran (sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas). Jakarta. Kencana Predia Media Group.

Setianingsih, Eni. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di Gugus Antasari Kecamatan Gunung Sugih. Tesis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.

Sugiyono. 2009. Model penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (8thed). Bandung. Alfabeta.

Supinah, dkk. 2010. Pembelajaran Berbasis Masalah Matematika di SD. Yogyakarta. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Katalog Dalam Terbitan.

Umiarso dan Gojali, Imam. 2010. Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Yogyalarta. IRCiSOD.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.