Penerapan Model Picture And Picture untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar
Abstract
The problem in this research was the low of motivation and learning result of students at IB class of SD Negeri 07 Metro Pusat.The aims of research was to increase motivation and learning result with implementation of model cooperative learning type picture and picture. The method of research was Classroom Action Research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. The result of this research showed that implementation of picture and picture can increase motivation and learning result of students.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswadi kelas IB SDNegeri07Metro Pusat.Tujuan penelitianuntuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapanmodelpicture and picture. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus yang setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian menggunakan lembar panduan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modelpicture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, motivasi, picture and picture
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Jakarta.PT Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010.Guru dan Aanak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta. Jakarta.
Hanafiah. 2010. Konsep strategi Pembelajaran. Bandung.PT Refika Aditama.
Huda, Miftahul. 2073. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. 2070. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2013. cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia DiniTK/RA& Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya.Jakarta. Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.