Pengaruh Penggunaan Strategi Index Card Match Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa

Reni Amalia, Maman Surahman, Rochmiyati Rochmiyati

Abstract

The problem in this research was low of activity and result at 4th class SDN 1 Pekalongan which known from observation. The aim from reserch was to climb the student activity and result at 4th class in SDN 1 Pekalongan by imply active learning type Index Card Match. Type of research was class action research when do in 3 cycle. Each cycle was done by four step, planing, implementation, observation, and reflection. Data collecting was done by with observation sheet and test. Data which colected was analisyed by qualitative analyzed technic. The success of research showed the implementation of active learning strategy type Index Card Match can to upper the activity and prestation at 4th class SDN 1 Pekalongan.

Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pekalongan yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pekalongan melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes tertulis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pekalongan.

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, strategi index card match

References

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung. CV Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi, dkk., 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Bumi Aksara

Asril, Zainal. 2010. Micro Teaching. Jakarta. Raja Grafindo Persada

Djamarah, Syaiful Basri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta. Insan Madani

Kunandar. 2010. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Raja Grafindo

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum berbasis Kompetensi (KBK), Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung. Rosdakarya.

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta. DIVA Press.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo

Silberman, Melvin L. 1996. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Terjemahan Sarjuli. 2007. Active Learning : 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung. Nusamedia

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta

Tri Handayani, Rahma. 2014. Peningkatan Motivasi Belajar PKn Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match Bagi Siswa Kelas IV di MI Yakti Purwosari Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Zaini, Hisyam, dkk., 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Insan Madani

Refbacks

  • There are currently no refbacks.