Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Media Realia terhadap Hasil Belajar Matematika

Novuri Ecisa, Suwarjo Suwarjo, Supriyadi Supriyadi

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of contextual learning approach by using media realia to the results of learning mathematics students of grade of V SDN 4 Metro Utara. This type of research was experimental research with non-equivalent control group design. Data collection technique was done by test technique. The data collection instrument was a question of multiple choice which has been tested and analyzed with validity and reliability. Data analysis technique used in this research is quantitative data analysis technique. The results showed that there was significant effect of contextual learning approach by using media realia to student mathematics learning outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Metro Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diujicobakan, dan dianalisis dengan validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar matematika siswa.

Kata kunci: kontekstual, realia, hasil belajar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta. Referensi Jakarta.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.

Hidayat, Rahmad. 2016.Pengaruh Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Sumur Putri Bandar Lampung Tp 2015/2016. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor. Ghalia Indonesia.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.

_________ .2012. Perencanaan Desain dan Sistem Pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

_________. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar.Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Sundayana, Rostiana. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta. Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.