Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Abstract
The problem investigated in this research was the lack of learning achievement. The aim of this research was to find out whether there was a correlation between the learning motivation and the student learning achievement of Social Science subject. This research used correlating ex-postfacto method. Data collecting techniques used questionnaire and documentation. This research was held at elementary school Tri Sukses Natar South Lampung. The population in this research were all students in grade 5 which consisted of 69 students. The sample in this research was all parts of the population which were divided into class 5A which consisted of 35 students and class 5B which consisted of 34 students. Data analyzing technique in this research was product moment. The result showed that there was a significant correlation between the learning motivation and the studen learning achievement of Social Science subject with the low strength of correlational coefficient category.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian menggunakan ex-postfacto korelasi. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Tri Sukses Natar Lampung Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 69 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yaitu kelas VA berjumlah 35 siswa dan kelas VB berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang memiliki koefisiens korelasional kategori keeratan rendah.
Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, ilmu pengetahuan sosial
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Handayani, Rita. 2010. Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X dan XI IPS SMA Negeri 1 Minggir Sleman Tahun Ajaran 2009/2010. Yogyakarta. (Online). http://eprints.uny.ac.id/553/1/SKRIPSI-RITA.pdf. Diakses ?25 ?Desember ?2016 pukul 08.56 WIB.
Kasmadi & Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.
Novianto, Anwar. 2012. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Kelas V SD Negeri Bantul Manunggal Tahun Ajaran 2012. Yogyakarta. (Online). http://eprints.uny.ac.id/8624/. Diakses ?25 ?Desember ?2016 pukul 09.01 WIB. ?
Nugroho, Widhi Boma. 2016. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif dan Tanggung Jawab Belajar Siswa kelas IV Se-gugur Cempaka Kecamatan Kebonarun Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2015/2016. Klaten. (Online). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/5372/5079. Diakses ?3 Agustus ?2017 pukul 19: 46 WIB. ?
Purwanto. 2012. Metodelogi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.
Sapriya. 2007. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Bandung. UPI PRESS.
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali Pers.
Sisdiknas. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas RI. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta..
________.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. CV. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta. Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.