Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS

Susika Oktaviani, Een Yayah Haenilah, Nazaruddin Wahab

Abstract


The problems in this study was the low scores on Social Sciense subject Students of Elementary School 6 Gedong Air. The purpose of this study was to determine the effect of the use of learning models kooperatif tipe picture and picture against the result of social sciences students. This research method was quasi experiment. The population of this study amounted to 59 students. The sample in this study class VB as the experiment class and class VA as the control class. Data collection using test. Data analysis was done using simple linear regression. Based on the results of the study there is the influence of the use of learning models kooperatif tipe picture and picture towards the social science learning outcomes of the V grade of elementary school 6 Gedong Air Bandar Lampung academic year of 2016/2017.

Masalah dalam penelitian ini masih rendahnya hasil belajar IPS siswa SD Negeri 6 Gedong Air.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil IPS siswa.Metode Penelitian ini adalah quasi eksperimen.Populasi penelitian ini berjumlah 59 siswa, sampel dalam penelitian ini kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data menggunakan tes.Analisis data menggunakan regresi linier sederhana.Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 6 Gedong Air Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif, tipe picture and picture, hasil belajar IPS


References


Ahmadi, Khoiru dan Sofan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta:Prestasi Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabet: Bandung

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung :Alfabet.

Suharjo.2006. Mengenal Pendidikan Dasar Teori dan Praktek. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.