Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV

Yosi Fera, Thoha B.S. Jaya, Loliyana Loliyana

Abstract

Problems in this research was still low student learning result of social Sciences.This study aimed to find out the differences and the influence of Cooperative Type Jigsaw learning on the students' social Sciences outcomes. This research was an experimental research using design nonequivalent control grub design. The population and samples of this study was all students of class IV primary school state 06 Gedung Air as many as 62 students. The main instruments used are tests and observation sheets. Data were analyzed by using simple t-test and regression test formula. Based on hypothesis testing can be concluded there were differences in social Sciences learning outcomes using Cooperative Type Jigsaw and Direct learning and there was a significant influence of Cooperative Type Jigsaw learning on social Sciences learning outcomes of fourth grade students of primary school state 06 Gedung Air Bandar Lampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan dan pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control grub desain. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 6 Gedung Air sebanyak 62 siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis dengan mengunakan rumus uji t-test dan regresi sederhana. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPS megunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan pembelajaran Langsung serta ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 6 Gedung Air Bandar Lampung.

Kata kunci: model pembelajaran, kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar IPS

Full Text:

PDF (Indonesian)

References

Nur, Azizah. 2013. Perngaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan di SMK Wongsorejo Gombong. Diss.UNY.(Online)(http://www.library.wongsorejo.ac.iddigilibfilesdisk189jtptiain-gdl-nurazizah-4450-1-sekripsi-p.pdfdiaskes 5/1/2017: 22:27 WIB)

Pranata, Angga. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Konsep Cahaya. Jurnal Pendidikan : Tanggerang Selatan.(Online) (http://www.library.mangka.ac.iddigilibfilesdisk189jtptiain-gdl-anggapranata-4450-1-sekripsi-p.pdfdiaskes 5/1/2017: 22:27 WIB)

Rahmawati, Fitri. 2009. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok System Periodic Unsur Kelas X di MA Uswatun Hasanah Mangkang. Semarang. Institut Agama Islam Negeri Walisongo.(Online)(http://www.library.walisongo.ac.iddigilibfilesdisk189jtptiain-gdl-fitrirahma-4450-1-sekripsi-p.pdfdiaskes 5/1/2017: 22:27 WIB).

Shoimin Aris. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung:Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SIDIKNAS). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.