Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Kinerja pada Pembelajaran Tematik SD

Maria Desi Kurniawaty, Lilik Sabdaningtyas, Arwin Surbakti

Abstract


The purpose of this research is to know the feasibility and the effectiveness of the assessment instrument based on performance on learning thematic students class 4 of primary school. This research method used the Research & Development (R & D) by Borg & Gall. Population in this study were 228 of primary school students class IV in Cengkih cluster of Kalianda subdistrict South Lampung district. Samples were taken by using purposive sampling tecnique as many as 25 of primary school students in  IVB grade of  SD Negeri Bumi Agung and 28 of primary school students in IV grade of SD Negeri Sumur Kumbang. Data collecting  technique used is non test. To collect the data, the researcher used the needs analysis, expert validation, student performance observation sheets, teacher response and student response questionnaires. The data were analyzed by using t-test formulas. This research result indicates that the instruments based this assessment performance are worth compliant substance, construction, language, as well as having proof the validity of empirical, and products instruments based this assessment performance effective it is reliable has a very high.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektivan instrumen penilaian berbasis kinerja pada pembelajaran tematik SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan oleh Borg & Gall. Populasi pada penelitian ini siswa kelas IV sebanyak 228 orang di Gugus Cengkih Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 25 siswa kelas IVB SD Negeri Bumi Agung dan 32 siswa kelas IV SD Negeri Sumur Kumbang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes yang terdiri dari; angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli, lembar pengamatan kinerja siswa, dan angket respon guru. Data dianalisis menggunakan rumus Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk instrumen penilaian berbasis kinerja dikategorikan layak memenuhi persyaratan substansi, konstruksi, bahasa, serta memiliki bukti validitas empirik, dan memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi.

Kata kunci: instrumen, pembelajaran tematik, SD


Full Text:

PDF

References


Amelia, F., N. Fadiawati, dan I. Rosilawati. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja pada Praktikum Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(2), 543-555. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=328126&val=7236&title=PENGEMBANGAN%20INSTRUMEN%20ASESMEN%20KINERJA%20PADA%20PRAKTIKUM%20PENGARUH%20SUHU%20TERHADAP%20LAJU%20REAKSI. Diakses pada 23 September 2016.

Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ataç, Bengü Aksu. 2012. Foreign Language Teachers’ Attitude toward Authentic Assessment in Language. The Journal of Language and Linguistic Studies, 8(2):7-19. http://www.jlls.org/index.php/jlls/article/view/128. Diakses pada 23 September 2016.

Emzir, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2013. Penilaian Authentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Kusrini dan Tatag. 2002. Penilaian Unjuk Kerja (Performance Assessment) Suatu Asesmen Alternatif dalam Kelas Matematika. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika UNESA.

Masdiana. 2014. Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pada Lingkungan Siswa Kelas I SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 3 (2), 190-204 ISSN 2354-614X. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/viewFile/2879/1967. Diakses pada 28 Mei 2017.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Novalia, R., N. Fadiawati, dan I. Rosilawati. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja pada Praktikum Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(2), 568-580. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=373352&val=7236&title=PENGEMBANGAN%20%20INSTRUMEN%20ASESMEN%20KINERJA%20%20PADA%20PRAKTIKUM%20PENGARUH%20KONSENTRASI%20%20TERHADAP%20LAJU%20REAKSI. Diakses pada 4 November 2016.

Oktriawan, T., N. Fadiawati, dan I. Rosilawati. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja pada Praktikum Pengaruh Luas Permukaan Bidang Sentuh terhadap Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(2), 593-604. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=373285&val=7236&title=PENGEMBANGAN%20INSTRUMEN%20ASESMEN%20KINERJA%20PADA%20PRAKTIKUM%20PENGARUH%20LUAS%20PERMUKAAN%20TERHADAP%20LAJU%20REAKS. Diakses pada 9 Februari 2017.

Rufina C. Rosaroso and Nelson A. Rosaroso. 2015. Performance-based Assessment in Selected Higher Education Institutions in Cebu City, Philippines. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research 3(4): 72-77. http://www.apjmr.com/wp-content/uploads/2015/11/APJMR-2015-3.4.4.11.pdf. Diakses pada 9 Februari 2017.

Sa’dijah, C. 2009. Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif 4(2): 92-95. https://jurnaljpi.files.wordpress.com/2009/09/vol-4-no-2-cholis-sadijah.pdf. Diakses pada: 23 September 2016.

Suwaibah, Siti Nur. 2015. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Kimia Berbasis Asesmen Otentik Dengan Estimasi Reliabilitasnya Menggunakan Program Genova. Chemistry in Education: 5 (1): 8-14. http://lib.unnes.ac.id/22465/1/4301411088-S.pdf. Diakses pada: 4 November 2016.

Tuparova, Daniela. 2010. Automated real-live performance-based Assessment of ICT Skills. Procedia Social and Behavioral Sciences 2: 4747–4751. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042816314732. Diakses pada 24 Januari 2017.

Wulan, Ana Ratna. 2007. Penggunaan Asesmen alternatif pada Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Biologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Zulkifli, Nur Idayu. 2016. The Assessment of Children’s Performance at Child Care Centre. Procedia - Social and Behavioral Sciences: 234: 64 – 73. http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042816314732. Diakses pada 28 Mei 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.