Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Matematika SD

Anisa Redha Meisyuri, Muncarno Muncarno, Nelly Astuti

Abstract


The purpose of this research was to out the relation of emotional intellegencewith student’s mathematics achievement. The type of the research isquantitative, while theresearch method is ex-postfacto correlation.The data were collected using questionnaire and documentation study. The data were analyzed using Product Moment Correlation and t-test. The result showed that there was a significant relation of emotional intelligent toward student’s mathematics.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode penelitian, yaitu ex-postfacto korelasi. Alat pengumpul data berupa angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika peserta didik.

 

Kata kunci: kecerdasan emosional, prestasi, matematika.


References


Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Casmini. 2007. Emotional Parenting.Yogyakarta: Pilar Media.

Dwi, Nur Cahyo. 2012. Hubungan Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta. Abstrak Hasil Penelitian UNY.

Gottman. 2008. Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Penerjemah T. Hermaya Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Mustaqim. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mohzan, Maizatul Akmal. 2013. The Influence of Emotional Intelligence on Academic Achievement. Universitas Teknologi Mara. Malaysia.

Nurazizah, Siti. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar Negeri Daerah Binaan 2 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal: UNES.

Pamungkas, Riheni. 2013. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Se-Kecamatan Prembun. Surakarta: UNS.

Putut, Edrayana. 2017. Hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas XI IPA 4 SMAN 15 Surabaya. Vol. 99 no. 1. Surabaya. Universitas Wijaya Kusuma.

Sisdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 mengenai Stan-dar Isi untuk Satuan Pendi- didikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Uno, B Hamzah. 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf. LN Syamsu. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.