Pengembangan LKPD Tema Ekosistem Melalui Model PBL Pada Peserta Didik

Nurliyanti Nurliyanti, M. Thoha BS. Jaya, Arwin Surbakti

Abstract

The aims of this research were to describe the validation, practice and the effectiveness of LKPD theme ecosystems through project based learning toward fifth grade of elementary school. This research was Research and Development method which was adapted by Borg and Gall. Data collection was using observation, questionnaires written tests and interviews, then analyzed both quantitative and qualilative. This research produces a teaching material in the form of LKPD with ecosystem theme project approach, data analysis shows that LKPD with project approach on ecosystem theme is effective and interesting to increase the students score.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKPD tema ekosistem melalui model pembelajaran proyek (project based learning) pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Reseach and development) yang diadaptasi dari model Borg and Gall. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah bahan ajar berupa LKPD dengan pendekatan proyek tema ekosistem, analisis data menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan proyek pada tema ekosistem efektif dan menarik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: efektivitas, hasil belajar, LKPD, pembelajaran berbasis proyek.

Full Text:

PDF

References

Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. 2012. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri. 1(1): 51-59.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hake, R.R. 1998. Interactive Engagement V.S Traditional Methods: six- thousand Student survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. Vol. 66. No.1. 64-74.

Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2013. Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Kemendikbud. Jakarta.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Opara, Jacinta Agbarachi dan Nkasiobi Silas Oguzor. 2011. Inquiry Instructional Method and the School Science Curriculum. Journal of Social Science. Volume 3 (3): 188-189.

Rahmi, Rifdatur, Hartini, Sri. Wati, Mustika. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Dan Multimedia Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol 2 No 2, hal. 173-184.

Rakhmawati, Lusia. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 03 Nomor 03 Tahun 2014. hal. 365-369.

Reigeluth, C. M. 1996. Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm Of Instructional Theory (A New Paradigm of ISD). Jurnal Educational Technology, 3 (36): 13-20.

Resita, Isni. Ertikanto, Chandra. Suana Wayan. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Cahaya. Jurnal Pendidikan (online) dalam http://jurnal.fkip.unila.ac.id. 11-22

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardinah, Tursinawati, Anita Noviyanti. 2012. Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu. Volume 13 (2): 70-80.

Sudjana, Nana. 2010. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sulistyanto, Heri. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi. Aksara.

Yildirim, Kurt, Ayas. 2011. The Effect Of The Worksheet On Students Achievements In Chemical Equilibrium. Journal of Turkish Science Education. [Online],Vol. 8(3): 91-102

Yulianti, E., Indah, N. K., & Kuntjoro, S. 2014. Validitas LKS Pengamatan Berdasarkan Pendekatan Saintifik Pada Sub Pokok Bahasan Angiospermae. Jurnal BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 3(3): 606-609.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.