HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V

Tirta Kencana Dewi, Sultan Djasmi, Nazaruddin Wahab

Abstract


The problem in this research was the low learning achievement of IPS in grade 5 students of SDN 3 Sukajawa. The purpose of this research was to know the correlation between learning discipline with student achievement. The research method used  descriptive correlation. The population in this study was all students of class V, which amounted to 48 students. The sample in this study was the entire population by using the total sampling technique in sampling. The independent variable in this research was student learning discipline in learning. The dependent variable in this research was student's IPS learning achievement. Data collection techniques used observation, documentation, and tests. The results of this study indicated that there was a positive relationship between the learning discipline with the achievement of IPS student learning grade V SDN 3 Sukajawa Bandar Lampung City.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SDN 3 Sukajawa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 48 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi dengan menggunakakan teknik total sampling dalam pengambilan sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah disiplin belajar siswa dalam pembelajaran. Variabel terikat pada penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN 3 Sukajawa Kota Bandar Lampung.

 

Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar, pembelajaran IPS.


References


Ahmadi dan Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.

UU RI No 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.