Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar PKn SD

Istigfara Ajening Pranita, Nelly Astuti, Suwarjo Suwarjo

Abstract


The purpose of this study was to determine the significant and positive relation between students perceptions of teachers pedagogic competencies with learning outcomes PKn of IV grade students of SD Negeri Gugus I Sub Menggala. The type of the research was quantitative, while there search method is ex-postfacto correlation. The population of this research were 160 of students IV grade. The sample of research was 61 respondents which was chosen by proporsional stratified random sampling technique. The data’s were collected by using questionnaire and documentation study. The data were analyzed used Product Moment Correlation and t-test. The result of the research shows that there was a significant and positive correlation between students perceptions of teachers pedagogic competencies with learning outcomes with tcount 2,11> ttable 2,021 (with α = 0,05).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri Gugus I Kecamatan Menggala. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode penelitian, yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 160 orang siswa kelas IV. Sampel penelitian ini berjumlah61 responden yang diambil berdasarkan teknik proporsional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan koesioner (angket), dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa dengan t hitung 2,11 >t tabel 2,021 (dengan α = 0,05).

Kata kunci: persepsi pedagogik guru, hasil belajar, PKn.

References


Al-Ajami dan Soeharto, T. 2014. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Di MTS Ibadurrahman Tibu Sisok Desa Loang Maka Lombok Tengah Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Sosio-Humaniora 5 (2): 178 – 198.

Fitriany, Indah. 2013. Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Islam Tengaran Kecamatan Tengaran Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. http://lib.stain salatiga.ac.id/view/divisions/bio.inndah62/2013.html. Di akses tanggal 3 Januari 2017 pukul 22.10 WIB.

Hamalina, Willy. 2016. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN di Gugus M. Syafi’i Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. (Online). http://lib.un-nes.ac.id/ view/divisions/sch=5fe-cs/2016.html. Diakses 3 Januari 2017 pukul 22.25 WIB.

Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.Jakarta: Bumi Aksara.

Karwono, & Heni Mularsih. 2012. Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khairunnisa, Yulia. 2015. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru PKn Dengan Prestasi Belajar di Kelas X SMK Muhammadiyah Banjarmasin. (Online).https://id-.scribd.com/ mobile/doc/170717-8807//. Diakses 3 Januari 2017 pukul 22.10 WIB.

Nana, Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadiah. 2016. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sintang. (Online). http://lib.un-kas.ac.id/view/divisions/bio.hilda87/2016.html.Di-akses pada tanggal 3 mei 2017. Pukul 20.00 wib.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Rusyan. 2012. Membangun Guru Berkualitas. Jakarta Gilang Saputra Perkasa.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta: Gilang Saputra Perkasa.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syah, muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI.

Winataputra, U.S. & Udin. 2014. Pendidikan PKn di SD. Banten: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.