Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
The problem in this research was the low of social learning achievment result of fourth grader of SD Negeri Ratna Chaton year 2016/2017. This study aims to determine the effect of positive and significant use of audio visual media on student learning outcomes in the subjects IPS class IV State Elementary School Ratna Chaton. The type of research was experimental research with non-equivalent control group design. Learning out comes in this study were limited only to the cognitive domain only. The result of hypothesis test used t-test pooled variance was obtained t count 3,245 while t table was 2,000, that comparison showed (3,245> 2,000) Ha is accepted. This means that there is a positive and significant influence on the use of audio visual media on student learning outcomes in the fourth grade IPS subjects SD Negeri Ratna Chaton.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas IV SD Negeri Ratna Chaton tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Ratna Chaton. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Hasil belajar dalam penelitian ini dibatasi hanya pada ranah kognitif. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-testpooled varians diperoleh data thitung sebesar 3,245 sedangkan ttabel sebesar 2,000, perbandingan tersebut menunjukan (3,245 > 2,000) berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Ratna Chaton.
Kata kunci:media audio visual, hasil belajar, Ilmu pengetahuan sosial
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asyhar, H. Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Press. Jakarta: Gaung Persada
Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta:Rajawali Pers
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung:PT. Bumi Aksara
Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruswandi. Syafiq Agung. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Al-Mubarak Pondok Aren Jakarta
Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenadamedia Group
Setiawati, Imas. 2012. Pengaruh Media Audio Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa di MI Al-Bahri Kebon Nanas Jakarta
Tim Penyusun.Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas Jakarta: Diakses Tanggal 25 Oktober Pukul 19.00 WIB
_______. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas
Refbacks
- There are currently no refbacks.