PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD

Cici Apriyani, Supriyadi Supriyadi, Darsono Darsono

Abstract


The purpose of this research was to determine the effect of Realistic Mathematics Education (RME) approach to mathematics study result. This research was an experiment research. The research used non-equivalent control group design. The population of  this research was all students class IV of 41 students. The sample of research was 41 respondents.  The data collection technique used essay test technique. The data was analyzed by tests statistic t-test pooled varians thats begins of normality test and homogenity test. The result of research showed that there were significant effect of RME approach to mathematics study result with tcount 2,184 > ttable 2,021 (with α = 0,05).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa. Sampel penelitian berjumlah 41 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika siswa dengan thitung 2,184 > ttabel 2,021 (dengan α = 0,05).

 

Kata kunci: RME, hasil belajar, matematika.


References


Fauzan, Ahmad. 2002. Applying Realistic Mathematics Education (RME) in Teaching Geometry in Indonesian Primary Schools. Enschede: Thesis University of Twente.

Gravemeijer, K. 1999. Realistic Mathematics Education Theory as a Guideline for Problem-Centered, Interactive Mathematics Education. In R.

Hamzah, Ali & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Mariyani. 2014. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD.Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014).

Mulyasa, E. 2008. Implementasi KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Republika.co.id. 2016. Nilai Matematika Paling Turun Pada UN 2016. http://m.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/ (diakses pada 23/12/2016 @11.18).

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, Mohamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sutopo, Kuat. 2012. Keefektifan Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar Negeri 2 Tinggarjaya Jatilawang Banyumas. http://lib.unnes.ac.id/19229/(diakses pada 22/11/2016 @ 04.50)

Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.