Penerapan Model Kooperatif Tipe TSTS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Yitzhak Prasetya Ardhani, Siswatoro Siswantoro, Mugiadi Mugiadi

Abstract


This study aims to improve student activity and learning outcomes in IPS subjects by applying cooperative learning type Two Stay Two Stray (TSTS). This type of research was classroom action reseach. Data collection was done through observation sheets and test was to measure teacher performance, activities and student learning outcomes. The collected data then analyzed by using qualitative and quantitative analysis. The results showed that there was an increase in activity and learning outcomes in cycle I with good category and experienced improvement in cycle II with very good category. After students apply cooperative learning model type Two Stay Two Stray (TSTS)


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray(TSTS).Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action reseach).Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, menggunakan lembar observasi dan soal tes untuk mengukur kinerja guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitaif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada aktivitas dan hasilbelajar pada siklus I dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori sangat baik. setelah siswa menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS).

 

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPS, model kooperatif tipe TSTS.


References


Annas, Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Penidikan. Jakarta.PT Raja Grafindo.

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosda karya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Bumi Aksara.

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk SD, SLB, dan TK. Bandung. Yrama Widya.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta Pustaka Pelajar.

________. 2014. Cooperatif Learning. Yogyakarta.Pustaka Belajar.

Kunandar. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Raja Grafindo.

_________. 2013. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta. Raja Grafindo.

Mulyasa, E. 2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta. Kencana Prenada media.

Tim Penyusun 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.