Pengembangan LKS Melalui Strategi Inkuiri Berbasis Tematik Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa

Chelsi Yuliana S, M.Thoha B.Sampurna Jaya, Adelina Hasyim

Abstract


The Development of Student Worksheet through inquiry strategy in class IV Primary School aims to know the difference of learning achievement of Student Worksheet development through inquiry strategy with those not using Student Worksheet. Methods were carried out using Brog and Gall development and the test of difference of research population were 230 students randomized to 48 students in the experimental group and 48 students in the control group. Data analysis used in Independent t test. Result of this Research and development showed that: the realization of product development of thematic-based Student Worksheet to improve student's learning achievement. There is a difference between the use of the Student Worksheet development using a thematic inquiry-based strategy with those that do not use the development of the Student Worksheet against the learning achievement.

Pengembangan LKS melalui strategi inkuiri di kelas IV SD bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pengembangan LKS melalui strategi inkuiri dengan yang tidak menggunakan LKS. Metode yang dilakukan menggunakan pengembangan Brog and Gall dan uji perbedaan populasi penelitian berjumlah 230 siswa yang di random  menjadi 48 siswa pada kelompok eksperimen dan  48 siswa pada kelompok kontrol.  Analisis data menggunakan uji t Independen. Hasil penelitian dan pengembangan  menunjukan bahwa: terwujudnya produk pengembangan LKS berbasis tematik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Ada perbedaan antara penggunaan pengembangan LKS menggunakan strategi inkuiri berbasis tematik dengan yang tidak menggunakan pengembangan LKS  terhadap prestasi belajar.

Kata kunci: aktivitas belajar, LKS strategi inkuiri, dan prestasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Bell, Thorsten, Detlef Urhahne, Sascha Schanze & Rolf Ploetzner. 2010. Collaborative Inquiry Learning: Models, tools, and Challenges.International Journal. Voll 32 halaman 349-377.

Brigid, Barron. Darling-Hammond, Linda. Pengajaran untuk pembelajaran bermakna:kajian riset pembelajaran berbasis tanya jawab. Kutipan buku. International Journal.Vol 30. Hal 15

C, Daniel edelson, Douglas N, Gordin &Roy D. Pea. 1999. Mengatasi Tantangan pembelajaran inkuiri melalui Teknologi dan Desain Kurikulum.International Journal of saince. Vol 8 Halaman 391-450

Djamarah, SyaifulBahridan Aswan Zain. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.

E. Cindy. Hmelo-Silver, Ravit Golan Duncan &Clark A. Chinn. 2007. Perancah dan Prestasi dalam pembelajaran PBL dan Inquiry; respon terhadap Kirschner, Sweller, and Clark (2006).International Journal. Vol 42. Edisi 2 hal 99-107.

Eli Rohaeti, Endang Widjajanti, Regina Padmaningrum. Pengemnbangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia. Tesis. Yogyakarta: Yogyakarta Universitas Negri.

Gormally,Cara, Brickman, Peggy, Hallar, Brittan, and Armstrong, Norris. 2009. Pengaruh pembelajaran berbasis Inquiry terhadap keterampilan dan keyakinan literasi ilmu pengetahuan siswa. International Journal.Vol 3 No 2

Hasyim, Adelina. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Hsin-Kay Wu & Chou-En Hsieh. 2007. Mengembangkan Keterampilan Penyisipan Keenam untuk membangun penjelasan di lingkungan berbasis Inkuiry. International Journal.Vol 28. Halaman 1289-1313.

Kolomuc, Ali. 2012. The effect of animation enhanced worksheets prepared based on 5E model for the grade 9 students on alternative conceptions of physical and chemical changes. International Journal.Artiv Coruh University: Turki . Volume 48 halaman 1761-1765,

Kuhn,Deanna.Jhon Black, Alla Keselman & Danielle Kaplan. 2000. Pengembangan keterampilan kognitif untuk mendukung pembelajaran Inquiry. International Journal.Vol 18. Edisi 4. Hal 495-523

Larasati. 2005. Guru Dalam Peroses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Lee, Che Di. 2014.Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes’ Lack of Readiness, and Science Achievement: A Cross-Country Comparison.International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology.Volume 2. Hal 97-105.

Markaban. 2008. Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

NagihanYildrim, Sevil Kurt, AlipaşaAyas, 2011. The Effect Of The Worksheets OnStudents’ Achievement In Chemical Equilibrium. Journal of Turkish Science Edukation.Volume 8 Nomor 3. Hal 44-58.

Pargito. 2009. Penelitian Dan Pengembangan Bidang Pendidikan :Jurusan Pendidikan IPS Universitas Lampung. Bandar Lampung : Universitas Lampung Express.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Sadirman.2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono.2012.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Thoha, M B. Sampurna Jaya. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Humaniora (suatu pendidikan kuantitatif). Bandar Lampung : Aura.

Toman, Ufuk. 2013. Extended Worksheet Developed According To 5EModel Based On Constructivist Learning Approach. International Journal.Turki : University Postecondary. Volume 4 hal 173-183.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Jakarta: PrestasiPustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.