PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CTL Type CRH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS IV

Dita Asti Lestari, Lilik Sabdaningtyas, Sasmiati Sasmiati

Abstract


Problems in this research is still low achievement of science student of class IV. The purpose of this study was to determine the effect of CTL Type CRH model on the achievement of science learning and the difference of learning achievement of science of experimental class and control class. This research is a quasi-experimental research with posttest only control group design design. Methods of data collection used observation and test. The data analysis technique used in this research is simple linear regression to see the effect of CTL type CRH model on learning achievement of IPA and t test independent sample t test to see the difference of science achievement of experimental class and control class. The results showed that there was an influence of using CTL type CRH model to the learning achievement of IPA. This is indicated by the difference in learning achievement of science in experimental class higher than the control class.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar IPA siswa kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model CTL Type CRH terhadap prestasi belajar IPA dan perbedaan prestasi belajar IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group desain.  Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana untuk melihat pengaruh penggunaan model CTL type CRH terhadap prestasi belajar IPA dan rumus uji t independent sampel t test untuk melihat perbedaan prestasi belajar IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model CTL type CRH terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan prestasi belajar IPA  kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

 

Kata kunci: IPA, model pembelajaran CTL, prestasi belajar.


References


Depdiknas. 2007. Buku Ilmu pengetahuan Alam Guru Kelas 5. Depdiknas: Jakarta.

Noor, Juliansyah. 2014. Metodologi Penelitian. Kencana Prenadamedia Group: Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryani, Nunuk dan Agung, Leo. 2012. Startegi Belajar-Mengajar. Penerbit Ombak: Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2013. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.