Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPS Kelas VI SDN Bumi Dana Kecamatan Way Tuba

Nurmalena Nurmalena, Darsono Darsono, Suwarjo Suwarjo

Abstract

The purpose of this research and development is to produce student worksheet and knowing the effective application of student worksheet based guided inquiry. The method used is a research & development (Research and Development). The instrument used was a test, observations, questionnaires, interviews and documentation. validation of student worksheet based guided inquiry carried out by the social studies material expert, sixth grade teacher, and peers. The population of this research is 2221 students in elementary schools in the District Way Tuba. The sample of this research is 46 students. Data collection tool used in the form of test. Data analysis using t-test and linear regression to see the effect of student worksheet based guided inquiry implementation on learning outcomes. The results showed that the development of student worksheet based guided inquiry that has been assessed valid by the validator is good and student worksheet based guided inquiry implementation is effectively guided in use in learning social studies classes VI SD

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing dan mengetahui efektivitas LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Validasi LKPD berbasis inkuiri terbimbing dilakukan oleh ahli materi IPS SD, guru kelas VI, dan teman sejawat. Populasi penelitian adalah sebanyak 2221 orang peserta didik di SDN Kecamatan Way Tuba. Sampel penelitian adalah sebanyak 46 orang peserta didik. Alat pengumpul data yang digunakan berupa tes. Analisis data menggunakan Uji t dan regresi linier untuk melihat pengaruh penerapan LKPD terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dinilai valid oleh validator tergolong baik dan penerapan LKPD pembelajaran IPS berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran IPS kelas VI SD.

Kata kunci: LKPD; inkuiri terbimbing; hasil belajar ips.

Full Text:

PDF

References

Aritonang K.T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Penabur. 10:11-21.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Francis A. 2004. Promoting Academic Achievement and Motivation. Thesis submitted in partial fulfillment of the requirements of the Gemstone Program. France: University of Maryland.

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

Nuryani R. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarka: Diva Press.

. 2015. Panduan Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarka: Diva Press.

Ricles H. 2006. The Impact of Supplement Educational Services Partisipation on Student Achievment. Los Angeles: Program Evaluation and Research Branch.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Simatupang S. 2008. Pengaruh Penggunaan LKK Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Pemuaian Di SMP Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Matematika dan sains. ISSN: 1907-7157.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar-Mengajar. Remaja. Bandung:Rosdakarya.

Sugiyono.2011. Motode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.