Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar PKn

Vivi Apriliani, Asmaul Khair, Muncarno Muncarno

Abstract


The purpose of this study was to determine the significant influence on cooperative learning model type numbered head together to learning outcomes of Civics. Population of this research was all IV grade student of SD Negeri 33 Negerikaton. Sample of this research were 21 students of IV A grade and 25 was students of IV B grade. The type of this research was experiment research. The research design used was non equivalent control group design. Technique of collecting data was done by test technique. Data analysis using t-test pooled variance and Independent Samples t-test with the help of SPSS 23. The results of hypothesis testing showed that there was significant influence on the application of cooperative learning type numbered head together on student cognitive learning outcomes on Civics subjects.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar PKn. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 33 Negerikaton. Sampel penelitian kelas IV A berjumlah 21 siswa dan kelas IV B 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan t-test pooled varians dan Independent Sampel t-test dengan bantuan SPSS 23. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn.     
                                          
Kata kunci: numbered head together, hasil belajar, PKn

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.

Layla, Alvyta. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Klegung 1 Tempel. Skripsi diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta. (Sumber: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7612 diunduh pada Rabu, 30 November 2016 Pukul 22.18 WIB).

Rohmawati, Elvira. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Numbered Head Together) terhadap Hasil Belajar Metematika Siswa Kelas V SD Negeri Keceme 1 Kecamatan Sleman. Skripsi diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta. (Sumber:http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9880 diunduh pada Rabu, 30 November 2016 Pukul 23.08 WIB).

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

_________. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Tim Penyusun. 2009. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiady. 2007. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta. Bumi Aksara.

Yusuf, A, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.