Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar PKn
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar PKn. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 33 Negerikaton. Sampel penelitian kelas IV A berjumlah 21 siswa dan kelas IV B 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan t-test pooled varians dan Independent Sampel t-test dengan bantuan SPSS 23. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn.
Kata kunci: numbered head together, hasil belajar, PKn
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Layla, Alvyta. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Klegung 1 Tempel. Skripsi diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta. (Sumber: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7612 diunduh pada Rabu, 30 November 2016 Pukul 22.18 WIB).
Rohmawati, Elvira. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Numbered Head Together) terhadap Hasil Belajar Metematika Siswa Kelas V SD Negeri Keceme 1 Kecamatan Sleman. Skripsi diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta. (Sumber:http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9880 diunduh pada Rabu, 30 November 2016 Pukul 23.08 WIB).
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.
_________. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Tim Penyusun. 2009. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.
Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiady. 2007. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta. Bumi Aksara.
Yusuf, A, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.
Refbacks
- There are currently no refbacks.