Pengembangan Buku Ajar Tema Berbagai Pekerjaan Menggunakan Model Problem Based Learning

Fitri Setyaningsih, Darsono Darsono, Caswita Caswita

Abstract


The purpose of this research is to produce textbook product of various job themes using Problem Based Learning model and to know the effectiveness of textbook of students. The method used is research and development (Research & Development) according to Brog and Gall. The population of this study were 81 students of grade IV SD Gugus Gajah Mada and the sample of this study were 28 students. The data collection tool uses a questionnaire, an instrument of expert validity and multiple choice questions. The result of the research shows that by using learning model based on valid and effective learning is used for fourth grade students of SD Gugus Gajah Mada.

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk buku ajar tema berbagai pekerjaan menggunakan model Problem Based Learning dan mengetahui efektivitas buku ajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) menurut Brog and Gall. Populasi penelitian ini adalah 81 orang siswa kelas IV SD Gugus Gajah Mada dan sampel penelitian ini adalah 28 orang. Alat pengumpul data menggunakan lembar angket, lembar instrumen validitas ahli dan soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa produk berupa buku ajar tema berbagai pekerjaan menggunakan model Problem Based Learning valid dan efektif digunakan untuk siswa kelas IV SD Gugus Gajah Mada.

Kata Kunci : buku ajar, problem based learning.


Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Drake & Long, D. 2009. Rebbeca’s In The Dark A Comparative Study Of Problem-Based-Learning And Duect Intruction/Eksperiential Learning In Two 4th-Grade Classrooms. Jurnal Of Elementary Science Education. Vol. 21. No. 1. Hal. 1-16.

Fatade, Alfred Olufemi. 2013. Effect Of PBL On Senior Secondary School Students’ Achivement I Futher Mathematics. Acta Didactica Napocensia. Volume 6 No. 3. Hal 28-44.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran :Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung. Remaja Rosdakarya.

__________. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mudjiono, Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritik dan Praktik. Yogyakarta. Kencana.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajawali Pers.

Silberman, Melvi. L. 2013. Active Lerning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung. Nusamedia & Nuansa Cendikia.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sungur, Semra & Tekkaya, Cereren. 2006. Effects of Problem-Based Learning and Traditional Instruction On Self-Regulated Learning. The Jurnal of Educational Research. Volume 99. No. 5. Hal 307-320.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Suyitno, Imam. 2011. Memahami Tindak Pembelajaran: Cara Mudah Dalam Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung. PT Refika Aditama.

Triyanto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif konsep, landasan, dan implementasinya pada KTSP. Jakarta. Kencana.

______. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI. Jakarta. Kencana Prenandamedia Grup.

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.