Pengembangan LKPD Berbasis Think Talk Write Dalam Menulis Deskripsi Kelas IV SD

Kusbarini Kusbarini, Suwarjo Suwarjo, Nurlaksana Eko Rusminto

Abstract


This research and development aims to produce the Think Talk Write (TTW) based worksheet, and investiget it’s effectiveness on improving the student’s descriptive writing skill of learners. The approach of this research is the research and development (Reseach and Development) design of Borg and Gall. The study population is 197 students. The sample is determined by purposive sampling as many as 42 people. Data collection tools use questionnaires to assess product feasibility, and test instruments for measuring descriptive writing skills. Data analysis techniques use qualitative for product and t-test to measure the effectiveness of  worksheet. The results of research and development show that the worksheet is suitable for elementary student’s and can improve student’s  descriptive writing skill.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan mengetahui efektivitas penggunaan LKPD berbasis  Think Talk Write  (TTW) meningkatkan keterampilan menulis deskripsi bagi peserta didik. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) desain Borg and Gall. Populasi penelitian adalah peserta didik 197 orang. Sampel ditentukan dengan purposive sampling sebanyak 42 orang. Alat pengumpul data menggunakan instrumen angket untuk mengkaji kelayakan produk, dan instrumen tes untuk mengukur keterampilan menulis deskriptif. Tenik analisis data menggunakan kualitatif untuk produk dan t-tes untuk mengukur efektivitas LKPD. Hasil penelitian dan pengembangan adalah LKPD berbasis TTW layak memenuhi kebutuhan peserta didik, dan dapat  meningkatkan keteramplan menulis deskripsi peserta didik.

Kata  kunci: karangan deskripsi, lembar kerja peserta didik, ttw.


Full Text:

PDF

References


Cahyo, Jea Mukti. 2011. Implementasi Teori Pembelajaran Piaget pada Fisika.online(http://studifisika.blogspot.com/2011/02/implementasi-teori-pembelajaran-piaget.html). Diunduh pada tanggal 15 Juni 2015, pukul 13.43

Darmojo. Indriyani. Rosa. 2013. Pengmbangan LKS ( Learning Cicle) dan mengembangkan siswa SMA kelas X Fisika berbasis Siklus Belajar 7e untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan berpikir kritis pada pokok bahasan elektromagnetik. Yogjakarta: Universitas Yogjakarta.

Doyin, Mukh dan Wagiran. 2009. Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.

Hidayat, Rahmat. 2013. Pengembangan lembar kerja siswa beracuan pendekatan penemuan terbimbing pada meteri segitiga untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama. http://propsem.blogspot.com/2013/06/pengembangan-lembar-kerja-siswa.html. Diakses 28 Februari 2016.

Huinker & Laughlin, C. 1996.Talk Your Way Into Writing. Dalam Communication in Mathematics K-12 and Beyond, 1996 Year Book. The National Counsil of Teacher of Mathematics.

Masingila, J., Davidenko, S. & Prus-Wisniowska, E. (1996). Mathematics Learning and Practice in and out of School: A framework for connecting these experiences. Educational Studies in Mathematics, 31 (1-2), 175-200.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Santoso, Puji. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Solchan T.W., dkk. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri, Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD, 2(1).

Sugiyono. 2010. Model penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (8thed). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Toman, Ufuk. 2013. International Journal on New Trends in Education and Their Implications. Volume 4. Hal 173-183.

Trianjaya Bagus. 2012. Persepsi Siswa Terhadao Pembelajaran Teori Di Sekolah Bertaraf International (SBI). Artikel Ilmiah

Untari, 2010. Implementation of Think Talk Write strategy based on contekstual learning to improve biologi’s science skill process towards students of class x-penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write.

Widyantini, Theresia. 2013. Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.