PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TERPADU

Indri Novriyani, Rochmiyati Rochmiyati, Maman Surahman

Abstract


Problem of this research was the low level of students learning outcomes on integrated learning. This research was aimed to determine the effect of implementation Problem Based Learning model on student learning outcomes. The method used in this research is quasi experiment method with design nonequivalent control group design. This rearch used saturation sampling technique. Instrument that used are non-test and test. Data were analyzed using simpel linear regression and independent sample t test. The results that there are significant effect of implementation Problem Based Learning model towards student learning outcomes on integrated learning in class IV SD Negeri 1 Kupang Teba Bandar Lampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah non tes dan tes. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dan independent sample t test. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran terpadu di kelas IV SD Negerri 1 Kupang Teba Bandar Lampung.

Kata kunci: hasil belajar, model problem based learning , pembelajaran terpadu


References


Ismawati, Esti dan Umaya, Faraz. 2012. Belajar Bahasa di Awal Kelas. Yogyakarta. Penerbit Ombak

Permendikbud No. 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SD/MI.: Jakarta. Depdiknas

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.