Hubungan antara Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika

Yopita Sari, Muncarno Muncarno, A. Sudirman

Abstract


The purpose in this study is to find the relationship between discipline to learn towards student math achievement. This research used correlation study.Population in this study are 78 students grade 5 of SDN 4 metro north with samples from 44 were.This study  use one of a kind of technique the sample collection that is proportional stratified random sampling. The variables used in this study discipline learn (X) while variable terikatnya student learning achievements (Y).Engineering data collection in this research using observation, documentation, and the survey.The result of this research show that there was a significant exists betwen discipline learn to learning achievements mathematics.

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini 78 orang siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara dengan sampel sebanyak 44 orang.Penelitian ini menggunakan salah satu jenis teknik pengambilan sampel yaitu proporsional stratified random sampling.Variabel bebas dalam penelitian ini disiplin belajar (X) sedangkan variabel terikatnya prestasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar siswaterhadap prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar, matematika.


References


Bahri dan Aswan. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Fadmawati, Anna. 2012. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Kadungwaduk 1 Kecamatan Karangmalang Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012.Surakarta.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Martin, M.O. 2014. TIMSS 2014 Internasional Mathematics Report. TIMSS dan PIRLS Internasional Study Center. Online. http://timss.bc.edu/TIMSS2007_InternasionalMathematicsReport.pdf [2 Oktober 2016]

Ma’sumah, Siti. 2015. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Daerah Binaan II Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Semarang.Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.Penerbit Alfabeta.

Suharno.2011. Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar MataPelajaran Fiqih Siswa kelas V di SD Islam Darul Falah Genuk Semarang.Semarang.Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Sukardi. 2007. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta.Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta.Kencana.

Rahayu, Siti. 2007. Psikologi Perkembangan. Jakarta. Rajawali.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung.Alfabeta.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta.Kemendikbud.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta.PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.