HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DENGAN HASIL BELAJAR PKN

Ni Wayan Setiawati, Asmaul Khair, A. Sudirman

Abstract


Based on preliminary research at fifth grade SD Negeri 1 Metro Timur, problems is the low profesionalism competences and  students civic education learning outcomes. The purpose of research is to find the relation of students perceptions to teacher competence professionalism with civic education learning outcome SD Negeri 1 Metro Timur. Population consists of all students class V, the sample consists of 49 students VA and VB. The type of research is quantitative, research methods is ex-postfacto correlation. The data are collected by using questionnare and formative test. The data are analyzed by using quantitative analysis technique that is formula Product Moment Correlation and t-test. The result shows that there is a significant relation of students perceptions to teacher competence professionalism with civic education learning outcome.

 

Berdasarkan penelitian pendahuluan di kelas V SD Negeri 1 Metro Timur, permasalahannya, yaitu rendahnya kompetensi profesionalisme guru dan hasil belajar PKn peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi peserta didik terhadap kompetensi profesionalisme guru dengan hasil belajar PKn SD Negeri 1 Metro Timur. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik kelas V, sampel terdiri dari 49 orang peserta didik kelas VA dan VB. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian ex-postfacto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan tes formatif. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi peserta didik terhadap kompetensi profesionalisme guru dengan hasil belajar PKn peserta didik.

 

Kata kunci: hasil belajar, kompetensi profesionalisme, PKn.


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

______. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Irham, Muhammad., Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kompas. 2012. http://edukasi.kompas.com/. Diakses tanggal 25 September 2016 pukul 10.46.

Mulyasa, E. 2008. Implementasi KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

________. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rumiasih. 2014. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Geografi Dengan Prestasi Belajar Geografi Siswa Di SMA Negeri 1 Belalau Kabupaten Lampung Barat Tahun Pelajaran 2013-2014. http://digilib.unila.ac.id/. Diakses tanggal 15 Oktober 2016 pukul 19.40 WIB.

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas.

Samsuri. 2011. Pendidikan Karakter Warga Negara. Diandra Yogyakarta: Pustaka Indonesia.

Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI.

_______. 2005. Penjelasan Atas PP RI No. 19 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas RI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.