Pengaruh Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik

Retno Purwasih, Alben Ambarita, Muncarno Muncarno

Abstract


This research background was the low of thematic study result. The research purpose was to know the significance and positive influence of Project Based Learning model toward thematic study result. The type this research was experiment. The research design that used was pretest-posttest control group design. The instrument to collect the data was by test. Data analysis used normality, homogeneity, and hypothesis test. The population in this research was all students at the fourth grade which consist of two classes and the number of population was 50 students, the students of Grade IVA was control class and Grade IVB was experiment class. The result of research shows that there is a significance and positive influence of Project Based Learning Model toward thematic study result of student in learning process at the fourth grade of SD Negeri 1 Metro Utara by evidence of hypotheses test, the result uses t-test pooled variant formula, by result tcount = 2,12 >  ttable = 2,021 and for ttable = (α = 0,05).

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif model Project Based Learning terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-post-test control group design. Alat pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 50 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontrol dan IV B sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik Kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara dengan dibuktikan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians, dengan hasil thitung = 2,12 > ttabel  = 2,021 dan untuk ttabel(α = 0,05).

Kata kunci: project based learning, hasil belajar, tematik


References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cip-ta.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembe-lajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta. Penerbit Gava Media.

Dewi, Fika. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Ter-hadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 1 Raman Endra tahun pelajaran 2015/2016. Bandar Lampung. UNILA.

Mustikaningrum, Intan. 2015. Peng-aruh Model Pembelajaran Pro-ject Based Learning Berbantuan Fotonovela Terhadap Hasil Bel-ajar Dan Sikap Sains Siswa SMP. Semarang. UNNES.

Prabowo, Candra Tri. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pres-tasi Belajar Siswa Mata Pela-jaran Las Lanjut Kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah Prambanan. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sagala, Saipul. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

______. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sumarti, 2015. Project Based Learning Model Development on Buffer Solution Materials with Soft Skill Entrepreneur Oriented. Sem-arang State University. http-://www.theijes.com/papers/v4-i3/Version-1/B043105010.pdf

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

Yam, Lee Hong Sharon. 2010. Imple-menting a Project-Based Lear-ning Approach in an Introduc-tory Property Course. Austra-lia.University of South Austra-lia.http://www.prres.net/Proceedings/..%5CPapers%5CYam_Implementia_ProjectBased_Learning_Approach_in_an_Introductory_Property_Course.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.