Pengaruh Cooperative Learning Tipe Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Tema Ekosistem
Abstract
The purpose of this research is to know the influence of cooperative learning model of bamboo dancing type on student learning outcomes on the theme of class V ecosystem SD Negeri 8 Metro Timur. Population in this research is class V of SD Negeri 8 Metro Timur which amounts to 60 students, the sample consists of 28 VA class as control class using conventional method and 32 students of class VB as experimental class using cooperative learning model of bamboo dancing type Sample was done by non probability sampling technique (random samples). The type of this research is experimental research with non-design group design. Technique of data collecting which is done by test technique. Quantitative data analysis techniques using Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 23 program. The results of hypothesis testers obtained sig value (2 tailed) 0.001. (0.001 <0.05) means Ha and accepted Ho is rejected to show that there is influence on the implementation of cooperative learning model of bamboo dancing type on student learning outcomes on the theme of ecosystem class V SD Negeri 8 Metro Timur.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning tipe tari bambu terhadap hasil belajar siswa pada tema ekosistem kelas V SD Negeri 8 Metro Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Timur yang berjumlah 60 siswa, sampel terdiri dari 28 siswa kelas VA sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode konvesional dan 32 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative learning tipe tari bambu cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling (sampel tanpak acak). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain non equeivalent grup design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data berupa kuantitatif dengan menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 23. Hasil penguji hipotesis diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,001. (0,001 < 0,05) artinya Ha dan diterima Ho ditolak menunjukan bahwa ada pengaruh pada penerapan model cooperative learning tipe tari bambu terhadap hasil belajar siswa pada tema ekosistem kelas V SD Negeri 8 Metro Timur.
Kata kunci: tari bambu, hasil belajar, ekosistem
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad. Rian (2013) Pengaruh Matematika Belajar Dengan Model Bamboo Dancing dan Think Pair Share Aimed Interactive Multimedia Pada Sekolah Menengah Islam.http://eprints.upgrismg.ac.id/251. Diakses pada hari Jumat tanggal 19 Mei 2017, pukul 19.15WIB.
Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, TK. Bandung. Yrama Widya.
Ardi. Budiman (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan. http://www.ejurnal.com/2015/09/pengaruh pembelajaran kooperatif teknik. html. Diakses pada hari Jumat tanggal 19 Mei 2017, pukul 20.30WIB.
Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statiska Penelitian Pendidikan.Yogyakarta. Parama Publising.
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada.
Kemendikbud. 2006. Penilaian Autantik. Jakarta. Kemendikbud.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Neg Zeng, Li Jun. 2016. The Effect of Bamboo Dancing on Motor Fitness in Chinese College Students. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/elt. Diakses pada hari Senin 19 Desember 2016 pukul 15.30 WIB.
Nurhidayati, Rudi (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sapura Tahun Pelajaran 2013/2014. Jawa Tengah. http://lib.unnes.ac.id/ view/subjects/LB1501. Diakses hari Senin tanggal 19 Desember 2016 pukul 15.00 WIB.
Siti, Janah (2013) Pengaruh model pembelajaran tari bambu terhadap hasil belajar IPS kelas X SMA N 1 Kota Agung. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/1717. Diakses pada Jumat. Tanggal 19 Mei 2017, pukul 19.00 WIB.
Sudarmono. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Tari Bambu (Bamboo Dancing) pada Standar Kompetensi Menggunakan Hasil Pengukuran Listrik terhadap Hasil Belajar Kelas X SMK N 2 Surabaya. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/ index.php/ Diakses pada hari Senin 19 Desember 2016 pukul 16.00 WIB.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. (pendekatan kuantitaif, kualitatif dan R). Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Prenadia Media.
Purwanto, M. Ngalim 2014. EvaluasiHasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Xue, Zong. (2013). Sosiol movement and future prospects of national bambo dancing. http://en.cnki.com. cn/Article_en/CJFDTotal-SYTB200706041.htm. Diakses pada hari Jumat tanggal 19 Mei 2017, pukul 18.30 WIB
Refbacks
- There are currently no refbacks.