PENERAPAN TIPE TARI BAMBU UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS

Siti Nurjanah, Sulistiasih Sulistiasih, Muncarno Muncarno

Abstract


The background of this research is by  the low activity and social study result V grade student of SD Negeri 5 Metro Barat. Purpose of the research is to increase activity and social study result by implement cooperative learning model bamboo dancing type. Type of the research is class activity research classroom action research carriedout in 2 cycles and each cycle is based on planning, implementation, observing and reflection. Data collection techniques using tests and nontest. The instrument of research data collection used observation sheet and question test. The technique of data analyze used qualitative and quantitative analyze. Research result show that implementation of bamboo dancing in cooperative learning model can increase activity and social study result.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Barat. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS.

 

Kata kunci: tari bambu, aktivitas, hasil belajar.

References


Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembel-ajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Peneliti-an Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Repu-blik Indonesia No. 22 Tahun 2006. Jakarata. BNSP.

Candani, Dea Wahyu. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembel-ajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Kelas V Pada SDN 5 Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. Kalimantan Tengah. Univer-sitas Muhammadiyah Palang-ka Raya.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pusta-ka Belajar.

Istarani. 2011. 58 Model Pembel-ajaran Inovatif. Medan. Media Persada.

Hidayah, Nur. 2013. Panduan Praktis Penyusunan dan Pe-laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta. Prestasi Pustakaraya.

Hifdziyah, Nelly Ahviena. 2015. Penerapan Metode Bamboo Dancing Untuk Meningkat-kan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajar-an Ips Materi Pokok Tokoh-tokoh Penting Dalam Peris-tiwa Proklamasi Kemerdeka-an Indonesia di MI Ta’mirul Wathon 01 Sikancil Larangan Brebes. Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Pro-fesi Guru. Jakarta. Raja-grafindo Persada.

Lie, Anita. 2014. Cooperative Learning. Jakarta. Gramedia Widiasarana.

Republik Indonesia. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sekretariat Negara.

Rusman. 2012. Model-model Pem-belajaran. Jakarta. Raja-grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Meng-ajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pusta-ka Pelajar Offset.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Pre-nadamedia Group.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pen-didikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Pro-gresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

__________. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.