Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Jigsaw dengan Media Realia

Rosa Maghfirah, Nelly Astuti, Sulistiasih Sulistiasih

Abstract


The low activity and student learning outcomes in the subjects of mathematics of grade 5 students of SD Negeri 5 Metro Barat which was known from observation and documentation.The purpose of research was to increase the activity and study result through implementation of jigsaw with realia media. The method of research was Classroom Action Research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting.Data collection technique was conducted by completing nontest techniques and tests.Observation sheets and test questions were used as instruments of data collection technique.Data were analyzed using qualitative and quantitative analysis. The result of the research showed that the application of cooperative learning model of jigsaw type with realia media can increase student activity and learning result.

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Barat yang diketahui dari hasil observasi dan dokumentasi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapanmodel jigsaw dengan media realia. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dengan media realia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.


Kata kunci: jigsaw, aktivitas, hasil belajar, matematika


References


Arends, Richard. 2008. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembel-ajaran (Edisi Revisi). Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2013. Media Pembel-ajaran. Yogyakarta.Gava Media.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta. BSNP

Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama.2009. Mengenal Penelitian Tin-dakan Kelas. Jakarta Barat. PT Indeks.

Mulyasa. 2012. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. 2012. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia.2003. Sistem Pen-didikan Nasional. Jakarta Sekre-taris Negara.

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komuni-kasi Pembelajaran.Jakarta. Ken-cana

Sundayana. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Ma-tematika. Bandung. Alfabeta.

Wardhani, IGAK, dkk. 2007. Peneli-tian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.