STUDY DESKRIPTIF PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI

Lia Syah Fransiska, Rochmiyati Rochmiyati, Cut Rohani

Abstract


Activity and student creativity contemns since teacher be still struck a snag deep utilize approaching scientific. This research intent to describe Learning With Approaching Scientific On curriculum 2013 At SD Country Project’s pilot Jati Agung district . Researcher utilizes to methodic qualitative since. Source  in observational it is learn to braze IV. SD Country 2 Rejomulyo and SD Country 5 Jatimulyo. Learning model that is utilized haven't utterly gotten basis on active learning or approaching scientific  as discovery ,inquiry and PBL, but teacher has performed experiment method, discussion, question-answer and discourse in learning.

Aktivitas dan kreatifitas siswa rendah karena guru masih mengalami kesulitan dalam menggunakan pendekatan scientific. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Dengan Pendekatan Scientific  Pada Kurikulum 2013 Di SD Negeri Pilot Project  Kecamatan Jati Agung. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Sumber data guru kelas IV SD Negeri 2 Rejomulyo dan SD Negeri 5 Jatimulyo. Model pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya berbasis pada pembelajaran aktif atau pendekatan scientific seperti discovery, inquiry dan PBL, namun guru telah melaksanakan metode eksperimen, diskusi, tanya jawab dan ceramah dalam pembelajaran.

Kata Kunci: deskriptif, pendekatan scientific, kurikulum 2013


References


Lexy.J.Moleong. 2012 .Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosda karya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum.Jakarta.

PP No. 19 Tahun 2005 pasal 28 ayat 3 tentang standar pendidik dan tenaga kependidikan. Jakarta.

Rusman. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Jakarta.PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta.Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RD.Bandung.Alfabeta .

__________. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung.Alfabeta.

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif.Bandung.PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.