Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPS

Komang Kumara Ratih, Asmaul Khair, Siswantoro Siswantoro

Abstract


The purpose of this research is to find significant influence on the. Implementing Inkuiri Method on Learning Social Study Result students class V SDN 1 Binakarya Buana. Populasi consists of all students class V, the sample consists of 20 students VA and 20 students VB class.The kind of research this is research experiment. Design research used non equivalent control group design. Technique the data collection was done to technique test, questionnaire and observation. Analysis data using independent sampel t-test and the program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The result of the testing of hypotheses shows that there are significant influence Implementing Inkuiri Method on Learning Social Study Result of SDN 1 Binakarya Buana..

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Binakarya Buana.populasi terdiri dari seluruh siswa kelas V, sampel terdiri dari 20 siswa kelas VA dan 20 siswa kelas VB. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, angket, observasi. Analisis data menggunakan independent sampel t-test dan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode inkuiri terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Binakarya Buana..

Kata kunci: metode inkuiri,hasil belajar,IPS


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi (Revisi VD). Jakarta. Rineka Cipta.

Gunawan, Muhamamad Ali. 2013. Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta. Parama Publishing.

Sapriya. 2007. Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung. UPI PRESS.

Susanti, Desilia. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Lampung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitiam Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

__________. 2011. Metode Penelitiam Kombinasi (Mixed Methods). Bandung. Alfabeta.

Suharjo. 2006. Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori Dan Praktik. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun. 2009. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar Jakarta. Grafika.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.