Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru dengan Prestasi Belajar PKn

May Syaroh, Sowiyah Sowiyah, Rapani Rapani

Abstract


The purpose of this research was to find the significant and positive relation between pedagogic competence and teacher personality competence together with the civic  learning achievement V grade of SD Negeri Se-Kecamatan Pringsewu. The population in this research arefourtycivic teacher V grade from thirty schooland sample are thirty teacher with quota sampling. The type of the research is quantitative, whilethe research method is ex post facto correlation. The data are collected using questionnaire and documentation study. The data are analyzed using pearson product moment correlation and multiple correlation. The result shows that there is a significant and positive relation between pedagogic competence and teacher personality competence together with thecivic learning achievement V grade of SD Negeri Se-Kecamatan Pringsewu.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Pringsewu. Populasi dalam penelitian ini adalah 40 guru PKn kelas V dari 30 sekolah dan sampel berjumlah 30 guru dengan sampling kuota. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, sedangkan metode penelitian yaitu ex post facto korelasi. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi pearson product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan dan positif antara kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Pringsewu.

 

Kata kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, prestasi belajar.


References


BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta.BSNP.

Irham, Muhammad, dan Novan Ardy Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta.Ar-Ruzz Media.

Jamilah, Maziya Zulfina. 2011. Hubungan antara Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Surakarta.Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/15140/1/02._halaman_depan.pdf. Diakses pada 22 Oktober 2016 pukul 11.05 WIB.

Mulyasa, E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta.PT. Bumi Aksara.

___________.2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung.PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian. Bandung.Alfabeta.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung.Alfabeta.

Sisdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta.PT. Rineka Cipta.

SNP. 2013. PP No. 32 Tahun 2013tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.Depdiknas.

Soraya, Nur. 2016. Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dengan Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri 1 Kupang Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Bandar Lampung.Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/view/creator/NUR_SORAYA=3A=281213053082=29=3A=3A.html. Diakses pada 1 November 2016 pukul 09.00 WIB.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian PendidikanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung.CV. Alfabeta.

Surya, Muhammad. 2008. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta. PT. Mahaputra.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta.PT. Inter Pratama Mandiri.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta. Pranadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.