Penggunaan Media Realia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS

Eriya Gusmara, Sulistiasih Sulistiasih, Asmaul Khair

Abstract


The problem of this research is the low level of activity and social study learning outcomes of 4th graders Ciptamulya public elementary 1 school. The purpose of this research is to improve the activity and learning outcomes of social study. The kind of research is classroom action research. Data collection technique was performed with non-test and test that was taken by observation sheet and test questions . Data analysis used qualitative and quantitatif analysis. The result of the research show that the use of real media can increase the fourth grade student activity and social study outcomes of Ciptamulya Public Elementary School 1.

 

 

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Ciptamulya Kebun Tebu Lampung Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-tes dan tes, menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Ciptamulya.

 

Kata kunci : media realia, aktivitas, hasil belajar


References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.

Arikunto, S. 2007. Manajemen Penelitian.. Jakarta : Rineka Cipta.

_______2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

_______2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. BSNP.

Kunandar. 2010. Aktivitas Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Munawaroh. 2008. Pengaruh Media Pembelajaran. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pusaka Belajar.

Tim Penyusun. 2009. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.

____________. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas.

Winataputra, Udin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.