Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPS
Abstract
The purpose of this study is to determine the positive and significant effect on cooperative learning mode type examples non examples on the learning result of Social Sciences. The population in this research is the IV grader of SD Negeri 2 Kampung Baru. The sample in this research is all students of class IV SD Negeri 2 Kampung Baru. The type of research used is experimental research with experimental design Non-Equivalent Control Design Grup. Technique of data collecting dont by test techique. The data obtained were analyzed using independent Sampel t-test with the help of SPSS 23. The results showed that the hypothesis test results have influence on the use of cooperative learning type examples non examples on the students cognitive learning result in Social Science subjects.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Non-Equivalen Control Grup Desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independen Sampel t-test dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji hipotesis terdapat pengaruh pada penggunaan pembelajaran kooperatif tipe examples non examples terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS.
Kata kunci: examples non examples, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Rineka Cipta.
BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. BSNP.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung. PT Refika Aditma.
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembanagan Model Pembelajaran. Yogyakarta. Kata Pena.
Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung. Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta. Pernadamedia Grup.
Tim Penyusun. 2009. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sinar Grafika.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Prenada madia group.
Uno, B Hamalik. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta. Bumi ksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.