Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika SD
Abstract
The purpose of research is to find the relation of learning motivation with students mathematics achievement V grade student of SD Cluster 1 Kalirejo. The type of research is ex-postfacto correlation. The data are collected by using questionnaire and study of documentation. The data are analysed by using quantitative analysis tecnique that is formula Product Moment Correlation and t-test. The result shows that there is a significant relation of learning motivation with students mathematics achievement.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Gugus 1 Kalirejo. Jenis penelitian adalah penelitian ex-postfacto korelasi. Alat pengumpul data berupa angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa.
Kata kunci: motivasi belajar, prestasi, matematika
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dalyono, M. 2007. PsikologiPendidikan. Jakarta.RinekaCipta.
Dimyati&Mudjiono. 2009. BelajardanPembelajaran. Jakarta.RinekaCipta.
Djaali. 2011. PsikologiPendidikan. Jakarta.BumiAksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta.RinekaCipta.
Muhtar, Radinal. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta.http://eprints.uny.ac.id/18297/. Diakses tanggal 30 Oktober 2016 Pukul 05.00 WIB.
Priansa, Donni Juni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung.Alfabeta.
Rehman, Asifa & Kamal Haider. 2013. The Impact Of Motivation On Learning Of Secondary School Students In Karachi. Educational Research Internasional.http://www.erint.savap.org.pk/PDF/Vol.2(2)/ERInt.2013(2.2-17).pdf. Diakses tanggal 1 Desember 2016 pukul 19.24 WIB.
Riduwan.2009. BelajarMudahPenelitianuntuk Guru, KaryawandanPenelitiPemula. Bandung.Alfabeta.
Sardiman. 2016. InteraksidanMotivasiBelajarMengajar.. Jakarta.RajawaliPers.
Sisdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Jakarta. Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta.Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta.PT.Fajar Interpratama Mandiri.
Ulya, Uly. 2012. Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV dan V pada MI Riyadlotul Ulum Kunir Dempet Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2011/2012. http://perpus.iainsalatiga.ac.id/docfiles/fulltext/5cbfa9df5389781c.pdf. Diakses tanggal 30 Oktober 2016 Pukul 05.30 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.