Penerapan Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS

Sri Windasari, Nelly Astuti, Darsono Darsono

Abstract

The purpose of this research was to increase students learning outcome of students on social science subjects by implementing cooperative learning models talking stick type. Type of research was classroom action research conducted in two cycles consisted of planning, implementating observing, and reflecting. Data collecting technique used the non-test and test. The instrument of research data collection used observation sheet and question test. The technigue of data analysis used qualitative and quantitative. The result of research showed that implementation of cooperative learning models talking stick type able to increase learning outcome of social science grade V students of SD Negeri 4 Metro Barat. It can be seen from learning outcome category first cycle with the category of Incomplete, increased in the second cycle to the Complete.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-tes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat. Hal ini dapat dilihat dari kategori hasil belajar siswa siklus I dengan kategori Belum Tuntas, mengalami peningkatan pada siklus II dengan kategori Tuntas.


Kata kunci: talking stick, hasil belajar, IPS

References

Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta. Bestari Buana Murni.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. Aditya Media.

Depdiknas. 2003. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

__________. 2006. Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Devia, RTS. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas IVB SDN No.13/1 Muara Bulian Tahun 2012/ 2013. Jambi. Universitas Jambi. http://ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A12D110011_428.pdf. Diakses hari Minggu tanggal 4 Desember 2016.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung. Refika Aditama.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta. Kata Pena.

Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2008. Prinsip-prinsip dan Evaluasi Pengajaran. Bandung. Rosdakarya.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran-Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta. PT. Raja Grafindo Pustaka.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sunariah, Nia Siti. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta. Ar-ruzz Media.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM (Edisi Revisi). Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Taufik, Agus. 2009. Pendidikan Anak di SD. Jakarta. Universitas Terbuka.

Uno, Hamzah B. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta. Bumi Aksara.

Wardani, Aprilia Isti (2013), Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Purwoyoso 01 Kota Semarang. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang .http://lib.unnes.ac.id/17427/1/1401409180.pdf. Diakses hari Jumat 16 Desember 2016.

Wardhani, Igak. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta. PT. Angkasa.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.