Pengaruh Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar PKn

Inayatul Mas'amah, A. Sudirman, Nelly Astuti

Abstract

The purpose of this research was to determine the effect of cooperative learning model of the type about make a match on student learning outcomes V grade student of SD Negeri 1 Sidokerto Subdistrict of Bumiratu Nuban. The type of this research is experimental research. Design research used non equivalent control group design. The data collection technique by using test.Analysis data using independent sample t test with the program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). The results showed that there was significant influence on the implementation of cooperative learning model of the type about make a match of the learning outcomes of PKn at the fifth gradestudents of SD Negeri 1 Sidokerto, Bumiratu Nuban District.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Sidokerto Kecamatan Bumiratu Nuban. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Analisis data menggunakan menggunakan independent sampel t-test dengan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 1 Sidokerto Kecamatan Bumiratu Nuban.

Kata kunci: make a match, hasil belajar.

References

Gunawan, Muhammad Ali. 2013. Statistik Penelitian Pendidikan.Yogyakarta.Paranama Publishing.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2015. Ragam Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Mulyasa, E. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Putri, Ni Made Suandayani Ari. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Media Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. (Online) dapat diakses di ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/1330/1191. Diakses pada Tanggal 20 November 2016 (pukul 20.48 wib).

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Departemen Pendidikan Nasional.Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta.Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung.Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta.Pustaka pelajar.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta.Prenadamedia Group.

Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.Sisdiknas.

Yusuf, A, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta.Kencana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.