Hubungan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika SD

Avira Rizka Darmanita, Muncarno Muncarno, Asmaul Khair

Abstract


The purpose of this research was to find the relation of study habits toward students mathematics achievement VI grade student of SD Muhammadiyah Central Metro. The type of the research is quantitative, while the research method is ex-postfacto correlation.The data are collected using questionnaire and documentation study. The data are analyzed used Product Moment Correlation and t-test. The result showed that there was a significant relation of study habits toward students mathematics achievement with tcount3,334 > ttable 2,001 (with ? = 0,05).

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI SD Muhammadiyah Metro Pusat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode penelitian, yaitu ex-postfacto korelasi. Alat pengumpul data berupa angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada hubungan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik dengan thitung3,334 > ttabel2,001 (dengan ? = 0,05).

Kata kunci: kebiasaan belajar, prestasi, matematika.


References


Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung.Alfabeta.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta.PT Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Febriani, Evi. 2012. Kreativitas Siswa dalam Membagi Waktu Belajar Hubungannya dengan Prestasi Belajar.Pelopor Pendidikan Vol. 3 No. 1.Sumenep. STKIP PGRI Sumenep.

Rana, Shabbir Ahmad dan Rukhsana Kausar. 2011. Comparison of Study Habits and Academic Performance of Pakistani British and White British Students. (Online).Pakistan Journal of Social and Clinical PsychologyVol. 9, 21-26. www.gcu.edu.pk/FullTextJour/PJSCS/2011/4.pdf. Diakses 27 November 2016 pukul 17.09 WIB.

Rahmawati, Fitria, dkk. 2014. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana.Jurnal PGSD Vol. 2 No. 1. Singaraja.Universitas Pendidikan Ganesha.

Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung.Alfabeta.

Rohman, Abdul. 2012. Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran Matematika di Gugus V Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tahun Ajaran 2011/2012.(Online).http://eprints.uny.ac.id/9306/. Diakses tanggal 9 November 2016 pukul 09.00 WIB.

Rosyida, Fatiya. 2016. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA.(Online). Jurnal Pendidikan Geografi No. 2, 17-28. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/index. Diakses 20 Februari 2016 pukul 15.56 WIB.

Setiani, Ani dan Donni Juni Priansa. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas,Kreatif, dan Inovatif. Bandung.Alfabeta.

Sisdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta.Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung.Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. PT. Fajar Interpratama Mandiri.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.